Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Good News dari Inggris soal Manfaat Vaksin AstraZeneca untuk Varian Baru Covid-19

Jumat, 05 Februari 2021 – 23:44 WIB
Good News dari Inggris soal Manfaat Vaksin AstraZeneca untuk Varian Baru Covid-19 - JPNN.COM
Vaksin buatan AstraZeneca. Foto: Reuters/Peter Cziborra

jpnn.com, OXFORD - Ada kabar menggembirakan dari Inggris soal khasiat vaksin buatan AstraZeneca untuk melawan varian baru Covid-19.

Vaksin ChaAdOx1  yang dikembangkan AstraZeneca bersama Universitas Oxford ternyata ampuh untuk jenis baru Covid-19.

Varian baru Covid-19 itu teridentidikasi pertama kali di wilayah Kent, bagian selatan Inggris. Virus dengan kode B.1.1.7 itu lebih mudah menular sehingga banyak negara membatasi perjalanan ke negeri Ratu Alizabeth tersebut.

Inggris pun telah melakukan penguncian diri atau lockdown pada bulan lalu seiring lonjakan kasus penularan B.1.1.7. Lockdown itu diberlakukan saat Inggris mulai melakukan vaksinasi Covid-19.

Sudah lebih dari 10 juta warga Inggris menerima suntikan dosis pertama vaksin AstraZeneca ataupun Pfizer. Vaksin tersebut diyakini telah efektif melawan varian baru Covid-19.

"Data dari uji coba kami atas ChaAdOx1 di Inggris menunjukkan bahwa vaksin itu tidak hanya melindungi dari virus pandemi asli, tetapi juga terhadap varian B.1.1.7," ujar Kepala Penyelidik Uji Coba Vaksin Universitas Oxford Andre Pollar, Jumat (5/2).

Rekan sesama pengembang vaksin Oxford-AstraZeneca Sarah Gilbert mengatakan, meskipun vaksin itu berkhasiat untuk melawan strain baru Covid-19, bisa jadi kelak perlu diadaptasi untuk varian yang akan datang.

"Kami bekerja bersama AstraZeneca untuk mengoptimalkan saluran yang diperlukan untuk pergantian strain," ujarnya.(Reuters/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Ada kabar menggembirakan dari Inggris soal khasiat vaksin buatan AstraZeneca untuk melawan varian baru Covid-19.

Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close