Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gorontalo Utara Diterjang Banjir, Satu Unit Rumah Hanyut Terbawa Arus

Minggu, 07 April 2024 – 23:10 WIB
Gorontalo Utara Diterjang Banjir, Satu Unit Rumah Hanyut Terbawa Arus - JPNN.COM
Nampak rumah terseret banjir berarus deras melewati jembatan Otabiu Desa Tolite Jaya Kecamatan Tolinggula, Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo pada pukul 20.58 WITA, Minggu (7/4). Foto: ANTARA/Susanti Sako-tangkapan layar video warga

jpnn.com, JAKARTA - Banjir menerjang Desa Tolite Jaya Kecamatan Tolinggula Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo, Minggu malam. Akibat kejadian itu, satu unit rumah warga hanyut terbawa banjir.

"Arus air sangat deras menyebabkan satu unit rumah semi permanen ini hanyut terbawa derasnya banjir yang merendam ratusan permukiman warga di wilayah perbatasan ini," kata Tokoh Pemuda Tolinggula Sadam Salihi di Gorontalo, Minggu.

Rumah yang terbawa banjir itu hanyut ?????melewati Jembatan Otabiu di Desa Tolite Jaya, terjadi sekitar pukul 20.58 WITA. Banyak material kayu dan harta benda milik warga nampak terseret banjir.

"Kami belum dapat memastikan apakah ada rumah lain yang ikut terseret banjir atau apakah ada korban jiwa mengingat hujan deras sementara melanda, banjir pun berarus deras dan kondisi gelap sehingga pengamatan maupun upaya evakuasi sulit dilakukan apalagi untuk memastikan kondisi warga terdampak," kata Sadam.

Menurutnya, curah hujan yang tinggi berdampak pada meluapnya Daerah Aliran Sungai (DAS) Tolinggula sejak Minggu sore.

Desa Tolite Jaya merupakan salah satu desa dari enam desa yang terendam banjir di Kecamatan Tolinggula, yaitu Desa Limbato, Ilotunggula, Tolinggula Ulu, Tolinggula Tengah dan Molangga.

Saat ini warga memerlukan bantuan untuk dievakuasi mengingat malam semakin larut dan ketinggian banjir terus bertambah.

"Warga yang membantu evakuasi melakukan secara manual, ada pula yang menggunakan perahu kecil nelayan untuk menyelamatkan anak-anak dan lanjut usia (lansia) serta hanya dengan mengandalkan lampu senter," kata Sadam pula.

Banjir menerjang Desa Tolite Jaya Kecamatan Tolinggula Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo, Minggu malam. Akibat kejadian itu, satu unit rumah warga hanyut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close