Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gubernur Akui Padat Karya Gagal Total

Kamis, 15 September 2011 – 21:46 WIB
Gubernur Akui Padat Karya Gagal Total - JPNN.COM
JAKARTA - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno, mengatakan berbagai program padat karya yang dilakukan di Sumbar tidak ada yang berhasil. Penyebab utama dari berbagai kegagalan program padat karya, menurut gubernur karena orang Minang ternyata tidak berminat terhadap sektor padat karya yang menempatkan masyarakat lokal sebagai buruh.

"Investasi padat karya dari dulu hingga sekarang di Sumatera Barat selalu dan pasti akan sia-sia karena orang Minang itu tidak berminat mencari nafkah di sektor padat karya," kata Irwan Prayitno, saat membuka Sumatera Barat Expo 2011, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (15/9).

Fakta tersebut, lanjut gubernur, berbeda dengan berbagai program padat karya yang dilakukan di hampir seluruh provinsi yang terbilang berhasil. "Di Jawa Timur dan Jawa Tengah berbondong-bondong masyarakat ikut program padat karya. Tapi di Sumbar tidak karena masyarakatnya lebih memilih untuk kerja mandiri dalam skala sekecil apapun asal tidak berstatus buruh."

Menurut politisi PKS itu, sikap untuk mengelak dari status buruh itu jangan dipandang sebagai kelemahan. "Itu sebuah sikap hidup yang punya nilai positif, hingga di hampir seluruh kota dan kabupaten home industry berkembang dan bisa dijadikan sumber penghidupan yang lebih layak dibanding menerima upah dari sektor informal padat karya," ungkap Irwan Prayitno.

JAKARTA - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno, mengatakan berbagai program padat karya yang dilakukan di Sumbar tidak ada yang berhasil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA