Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gubernur Sumbar Dilantik di Garasi Mobil

Senin, 07 Desember 2009 – 06:20 WIB
Gubernur Sumbar Dilantik di Garasi Mobil - JPNN.COM
PADANG---Pagi ini (7/11), Mendagri Gamawan Fauzi dijadwalkan melantik Wakil Gubernur Marlis Rahman menjadi Gubernur Sumbar. Acara yang digelar dalam sidang paripurna istimewa DPRD Sumbar ini akan dilakukan di bekas garasi mobil DPRD Sumbar. Hal ini lantaran ruang sidang utama DPRD rusak berat diguncang gempa 30 September lalu. Rencananya, acara akan dihadiri ribuan undangan. Para mantan gubernur dan wakil gubernur ikut hadir, termasuk Ketua DPD RI Irman Gusman, serta Menteri Warisan dan Kebudayaan Malaysia Dato Sri Utama Rais Yatim bersama istri.

Sejak kemarin, Gamawan Fauzi yang juga mantan Gubernur Sumbar itu sudah berada di Padang. Kepada JPNN, Gawaman mengakui, tugas Marlis ke depan memang semakin berat. "Di samping tugas pokok pemerintahan, gubernur juga diharapkan dapat menyelesaikan proses recovery pascabencana gempa yang dampaknya sangat serius. Itu semua memerlukan sinergi yang baik dengan kabupaten dan kota," urai Gamawan.

Dia minta semua pihak memberikan dukungan ke Marlis, yang bakal tercatat sebagai gubernur defenitif ke delapan Sumbar, sejak gubernur pertama Kharoeddin Dt Rangkayo Basa periode 1958-1956. Selain itu, ia juga merupakan mantan rektor Universitas Andalas kedua setelah Harun Zain yang pernah menjadi gubernur.

Gawaman sendiri tetapoptimis menyikapi prediksi Bank Indonesia Padang yang menyebutkan pertumbuhan ekonomi Sumbar anjlok menjadi hanya 3 sampai 4 persen pada 2009-2010, dari rata-rata sebelumnya di atas 5 persen. Gamawan yakin pertumbuhan ekonomi bisa digenjot. Caranya, dengan memaksimalkan dana pemerintah pusat hingga menarik investasi seperti hotel baru, restoran serta ekspor komoditi pertanian. Dia berharap, proyek-proyek recovery pascagempa bisa sekaligus membuka lapangan kerja baru.

PADANG---Pagi ini (7/11), Mendagri Gamawan Fauzi dijadwalkan melantik Wakil Gubernur Marlis Rahman menjadi Gubernur Sumbar. Acara yang digelar dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close