Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gubernur Sutarmidji: Kasih Tahu Saya, Izin Apa yang Susah

Kamis, 20 Mei 2021 – 15:14 WIB
Gubernur Sutarmidji: Kasih Tahu Saya, Izin Apa yang Susah - JPNN.COM
Kegiatan sosialisasi kemudahan berusaha bagi paku UMKM di Kalbar (ANTARA/Yunita)

jpnn.com, PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji berkomitmen memberikan kemudahan akses perizinan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah di Kalbar.

Menurut Sutarmidji, pemerintah juga sudah memudahkan akses perizinan bagi pelaku UMKM.

"Semua UMKM sudah banyak diberikan kemudahan mulai dari izin dan lainnya. Kasih tahu saya izin apa yang susah," kata Sutarmidji saat sosialisasi kemudahan berusaha bagi pelaku UMKM di Kalbar, Kamis (20/5).

Mantan wali kota Pontianak yang menjabat dua periode itu menjelaskan berbagai kemudahan yang telah diberikan pemerintah kepada pelaku UMKM. Salah satu contohnya di Kota Pontianak.

"Saya rasa untuk masalah itu tidak ada masalah misalnya di Pontianak surat yang menunjukkan tempat usaha yang dipunyai pedagang itu kami ubah langsung izin usaha mikro tanpa harus datang. Itu kan merupakan suatu kemudahan," jelasnya.

Selain kemudahan perizinan, sosok yang karib disapa Bang Midji itu menambahkan bahwa pemerintah juga telah memudahkan terkait persoalan modal. Dia mencontohkan, pada kredit usaha rakyat (KUR), bunganya hanya enam persen. Dia menyebut ada usulan untuk penurunan hingga tiga persen.

Sutarmidji mengatakan kemudahan sudah diberikan oleh pemerintah. Kini, lanjut dia, tinggal bagaimana pelaku UMKM menerima informasi tentang jenis usaha yang bisa masuk dan apa saja program pemerintah untuk UMKM.

"Tinggal bagaimana mengakses dan memahami akses tersebut. Intinya UMKM ini masalah informasi tentang jenis usaha dan peluang, itu saja kalau menurut saya," ujar dia.

Gubernur Kalbar Sutarmidji berkomitmen mempermudah izin bagi pelaku UMKM di provinsi yang dipimpinnya. Dia juga memberikan nasihat kepada pelaku UMKM untuk terus berusaha dan berproses.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close