Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gung Bli, Memanen Kesuksesan Bertani Lewat Electrifying Agriculture & Teknologi

Sabtu, 31 Desember 2022 – 09:19 WIB
Gung Bli, Memanen Kesuksesan Bertani Lewat Electrifying Agriculture & Teknologi - JPNN.COM
AA Gede Agung Wedhatama alias Bli Gung (berdiri paling kiri) saat berbagi pengalaman bertani kepada para pemuda di Desa Gobleg, Kabupaten Gianyar, Bali. Foto: dokumentasi pribadi for JPNN.com

jpnn.com - Makin jarang anak muda mau menjadi petani. Pemuda di Bali bernama AA Gede Agung Wedhatama yang hampir 10 tahun lalu memutuskan bertani, kini memanen sukses berkat kejeliannya memanfaatkan teknologi dan ketersediaan energi listrik.

Laporan Kenny Kurnia Putra

BUKAN masalah bisa atau tidak, yang penting mau atau tidak, karena kalau mau pasti bisa.

Itulah kredo yang terucap dari mulut AA Gede Agung Wedhatama (38), pria Bali yang menekuni pertanian sayur-mayur dan buah-buahan.

Warga Desa Gobleg, Kabupaten Gianyar, Bali, itu mengambil keputusan berani pada masa mudanya, yakni memilih menjadi petani. Bli Gung -panggilang akrabnya- mulai menekuni pertanian pada 2013.

Namun, upaya Bli Gung merintis pertanian di desanya bukanlah hal mudah. "Waktu itu awalnya kami kekurangan air,” ujarnya saat berbincang dengan JPNN.com belum lama ini.

Walakin, Bli Gung percaya dengan kredonya sehingga meyakini masalah air itu bisa diatasi. Solusinya datang pada 2019 dengan pemanfaatan smart farming atau pertanian cerdas.

“Kami mengambil solusi dengan irigasi tetes untuk penyiraman pada lahan. Jadi, bertahap prosesnya, kami kembangkan smart farming sampai sekarang," ucapnya.

Bli Gung mulai bertani pada 2013 di lahan pertanian yang menghadapi masalah air. Smart farming dan Electrifying Agriculture membuatnya kia sukses bertani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close