Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gunhar Puji Ketegasan Kapolda Sumsel Menindak Pelaku Penyelundupan BBM

Minggu, 24 September 2023 – 13:55 WIB
Gunhar Puji Ketegasan Kapolda Sumsel Menindak Pelaku Penyelundupan BBM - JPNN.COM
Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PDIP Yulian Gunhar. Foto: source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Sumatera Selatan (Dapil Sumsel) Yulian Gunhar memuji kinerja Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo dan jajaran yang tegas menindak penyalahguna BBM bersubsidi.

Hal itu disampaikan Gunhar setelah anggota Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumsel membongkar penyelundupan BBM jenis solar dan pertalite di Musi Banyuasin (Muba), Selasa (19/9) lalu.

Dalam kasus penyelundupan BBM itu, polisi mengamankan 81 ton bahan bakar minyak ilegal jenis solar dan pertalite.

"Tindakan tegas ini merupakan bentuk kerja nyata aparat kepolisian Polda Sumsel dalam memberantas penambangan, penyulingan serta distribusi BBM ilegal yang marak sejak lama," kata Gunhar dikutip dari siaran pers, Minggu (24/9).

Politikus PDI Perjuangan itu juga memberi apresiasi terhadap Polda Sumsel yang berkontribusi nyata dalam mengamankan pendapatan negara dari sektor migas.

Dia menyebut kebijakan subsidi selama ini banyak disalahgunakan, akibat adanya disparitas harga antara BBM bersubsidi dan nonsubsidi yang begitu jauh.

"Perbedaan harga itu dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan besar, apalagi BBM hasil penambangan ilegal yang sama sekali tidak mematuhi ketentuan undang-undang, karena tidak bayar pajak dan royalti kepada negara," tuturnya.

Anggota Komisi VII DPR itu menilai dibutuhkan konsistensi dari aparat penegak hukum dalam memberantas praktik kejahatan termasuk distribusi BBM ilegal.

Anggota Komisi VII DPR RI Yulian Gunhar memuji ketegasan Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo menindak pelaku penyelundupan BBM bersubsidi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close