Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Guru Besar FKUI Sebut Tiga Hal Ini Wajib untuk Pasien Isolasi Mandiri

Sabtu, 31 Juli 2021 – 20:12 WIB
Guru Besar FKUI Sebut Tiga Hal Ini Wajib untuk Pasien Isolasi Mandiri - JPNN.COM
Guru Besar Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (FKUI) Prof Tjandra Yoga Aditama memberikan tiga saran untuk penanganan pasien isoman. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (FKUI) Prof Tjandra Yoga Aditama menyatakan tingginya angka kematian amat memprihatinkan karena jumlah yang meninggal bukan hanya sebatas angka saja.

"Keluarga, dan kerabat kita yang sudah meninggal tidak akan mungkin kembali lagi. Upaya maksimal harus dilakukan untuk menganalisa dan menekan serta menurunkan jumlah warga kita yang wafat karena Covid-19," kata dia.

Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI itu pun menyarakan tiga hal dalam penanganan pasien isolasi mandiri (isoman) yang terjangkit Covid-19, sehingga bisa sembuh dan selamat, berikut:

1. Evaluasi keadaan rutin

Pertama dan utama adalah evaluasi keadaannya secara rutin setidaknya dua kali sehari.

"Mulai dari suhu dengan thermometer, saturasi oksigen dengan oksimeter serta perubahan gejala yang terjadi, serta juga perubahan pada penyakit komorbid yang ada," kata eks Direktur WHO Asia Tenggara itu.

2. Komunikasi dengan nakes

Adanya komunikasi dengan petugas kesehatan secara rutin, sebaiknya setiap hari.

Guru Besar Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (FKUI) Prof Tjandra Yoga Aditama menyatakan tingginya angka kematian amat memprihatinkan karena jumlah yang meninggal bukan hanya sebatas angka saja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close