Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Guru Besar HTN Ini Beri Catatan soal Debat Perdana Capres, Singgung Beban Prabowo

Kamis, 14 Desember 2023 – 07:48 WIB
Guru Besar HTN Ini Beri Catatan soal Debat Perdana Capres, Singgung Beban Prabowo - JPNN.COM
Diskusi bertajuk 'Tanggapan terhadap Debat Perdana Visi dan Misi Calon Presiden 2024' di Sadjoe Cafe & Resto, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (13/12). Foto: supplied

jpnn.com - Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Brawijaya Muhammad Ali Safaat memberi sejumlah catatan terhadap debat perdana Capres RI di Pilpres 2024 yang digelar KPU pada Selasa (12/12) malam.

Diketahui, KPU menetapkan debat capres tersebut membahas tema hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Ali menilai secara umum Capres RI nomor urut 2 Prabowo Subianto paling terbebani dengan tema tersebut, terutama terkait HAM.

"Di antara ketiga capres yang paling memiliki beban dalam menjawab pertanyaan ini ialah Pak Prabowo," ujar Ali dalam diskusi bertajuk 'Tanggapan terhadap Debat Perdana Visi dan Misi Calon Presiden 2024' di Sadjoe Cafe & Resto, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (13/12).

Menurut Ali, dari ketiga paslon, termasuk Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, tidak menyinggung soal pentingnya partisipasi masyarakat dalam penyusunan kebijakan.

Kemudian, tidak ada juga yang menyinggung soal reformasi kepolisian dan kejaksaan. "Padahal, ini isu yang penting karena kita kenal hukum di Indonesia sering kali tumpul ke atas tajam ke bawah," tuturnya.

Terkait independensi peradilan, Ali menilai isu yang disinggung oleh paslon hanya dilakukan untuk memberikan keuntungan elektoral bagi mereka.

"Tidak ada yang membahas strategi untuk meningkatkan independensi peradilan," ucapnya.

Ali Safaat menilai secara umum Capres RI Prabowo Subianto paling terbebani dengan tema debat perdana Capres RI, terutama terkait HAM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close