Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Guru Swasta Lulusan PPPK Migrasi ke Negeri, Ki Saur: Sudah Jatuh Tertimpa Tangga, Digigit Anjing Pula

Selasa, 18 Januari 2022 – 23:52 WIB
Guru Swasta Lulusan PPPK Migrasi ke Negeri, Ki Saur: Sudah Jatuh Tertimpa Tangga, Digigit Anjing Pula - JPNN.COM
Ketua Umum Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS), Ki Saur Panjaitan dalam RDPU Komisi X DPR RI. Foto tangkapan layar YouTube Komisi X DPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS), Ki Saur Panjaitan menyampaikan aspirasinya terkait kebijakan pemerintah untuk sekolah swasta.

Dia menyatakan kebijakan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK sangat merugikan sekolah swasta.

Sebagai contoh, dampak penarikan guru PPPK sangat mengganggu sekolah swasta, seperti SMK PK (Sekolah Menengah Kejuruan Program Keunggulan). 

"Dengan ditariknya guru-guru yang berkualitas, program keunggulan tersebut tentulah sangat terdampak dan akan kesulitan direalisasikan," ujar Ki Saur dalam rapat dengar pendapat umum Komisi X DPR RI dengan Aliansi Penyelenggara Pendidikan Indonesia, Selasa (18/1).

BMPS mempertanyakan mengapa selama ini dosen-dosen DPK, yang notabene adalah dosen PNS bisa mengajar dan bertugas di perguruan tinggi swasta. Mengapa untuk di tingkat pendidikan dasar dan menengah guru tidak diperbolehkan mengajar disekolah swasta.

Ki Saur mengungkapkan BMPS di masing-masing daerah provinsi/kabupaten/kota telah bergerak bersama menyampaikan aspirasinya melalui DPRD dan Dinas Pendidikan agar kebijakan pemerintah terkait guru yang lulus PPPK bisa ditinjau kembali.

Dia menyebutkan sekolah swasta saat ini sangat kesulitan, apalagi dengan dikeluarkannya kebijakan PPPK yang baru, makin mempersulit sekolah swasta.

"Sekolah swasta ini ibarat sudah jatuh tertimpa tangga, kemudian digigit anjing pula. Dibawa ke rumah sakit penuh dengan pasien Covid-19," ucapnya.

Ketum BMPS Ki Saur Panjaitan menyampaikan kondisi sekolah swasta yang akan ditinggikan guru swasta lulusan PPPK karena migrasi ke sekolah negeri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close