Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gus Jazil: Hidupkan Pancasila Seperti Pesan Sunan Kalijaga

Selasa, 06 Oktober 2020 – 15:43 WIB
Gus Jazil: Hidupkan Pancasila Seperti Pesan Sunan Kalijaga - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid saat Sosialisasi 4 Pilar MPR di Sleman, Yogyakarta. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, SLEMAN - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mengingatkan warga Sleman, Yogyakarta bisa menjadikan petuah atau pesan Sunan Kalijaga sebagai pegangan hidup.

Pesan ini disampaikan Jazilul di hadapan warga nahdiyin yang tinggal di Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, ketika mengikuti Sosialisasi Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika atau 4 Pilar MPR, Senin (5/10).

“Menurut Sunan Kalijaga, urip iku urup, artinya hidup itu harus memancarkan cahaya atau hidup itu harus memberi manfaat kepada manusia di sekitarnya," kata pimpinan MPR yang beken disapa dengan panggilan Gus Jazil ini.

Hal itu menurut legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, juga berlaku untuk Pancasila yang harus dihidupkan agar nilai-nilainya mampu dirasakan dan bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Dengan mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan akan mengantar masyarakat menuju kondisi yang makmur, sejahtera, dan adil," ucap GUs Jazil.

Sosialisasi yang digelar di Dusun Sentono, Desa Taman Martani itu merupakan rangkaian Sosialisasi 4 Pilar MPR yang digelar oleh Jazilul Fawaid. Sebelumnya dia juga melakukan hal yang sama di Desa Tridadi, Kecamatan Sleman.

Di hadapan masyarakat Kecamatan Sleman, Gus Jazil menyampaikan kehadirannya ke daerah itu untuk menguatkan 4 Pilar yang menjadi komitmen kebangsaan.

“Pancasila merupakan rumusan dari para pendiri bangsa, di antara mereka banyak yang dari kalangan ulama. Pancasila merupakan ijtihad dari ulama," jelas politikus kelahiran Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur ini.

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid menyampaikan pentingnya menjalankan nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close