Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gus Jazil Minta Pers Tetap Kritis dan Sajikan Kebenaran di Tengah Maraknya Hoaks

Selasa, 09 Februari 2021 – 15:32 WIB
Gus Jazil Minta Pers Tetap Kritis dan Sajikan Kebenaran di Tengah Maraknya Hoaks - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid berharap pers tetap menjalankan perannya sebagai pihak yang selalu menyajikan kebenaran, di tengah maraknya berita bohong (hoaks) terutama di media sosial (medsos). 

Menurutnya, di tengah kemajuan teknologi dan informasi saat ini publik dengan mudah mendapatkan bahkan bisa memproduk berita atau informasi secara mandiri.

Sayangnya, kata dia, tidak jarang informasi yang disajikan adalah bohong untuk berbagai tujuan, salah satunya propaganda.

"Saya mengucapkan selamat Hari Pers Nasional 2021. Saya berharap teman-teman pers tetap kritis dan bisa menjaga perannya sebagai pilar keempat demokrasi," katanya di Jakarta, Selasa (9/2).

Gus Jazil, panggilan akrab Jazilul, mengatakan di tengah gencarnya penggunaan medsos dan teknologi informasi belakangan ini, peran pers sangat penting untuk memberikan informasi-informasi yang konstruktif dan positif.

"Jangan sampai pers justru ikut menyebarkan berita-berita bohong dengan menggali informasi berdasarkan sumber yang ada di medsos tanpa melakukan verifikasi terlebih dahulu," ujarnya.

Gus Jazil mengatakan sejak era pra kemerdekaan hingga sekarang, pers berperan penting memberikan pencerahan dan mengawal proses demokrasi yang ada di negeri ini.

"Proses pembangunan atau demokratisasi di Indonesia tidak akan bisa berjalan sebaik saat ini tanpa peran teman-teman pers. Saya berharap teman-teman media akan selalu menjadi penyeimbang, mengkritisi berbagai kebijakan pemerintah secara konstruktif," tutur wakil ketua umum DPP PKB ini.

Gus Jazil meminta pers jangan sampai ikut menyebar berita bohong alias hoaks dengan menggali informasi berdasar sumber informasi yang ada di media sosial tanpa melakukan verifikasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close