Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gus Menteri Puji Digitalisasi di Kabupaten Sumedang, Begini Katanya...

Sabtu, 05 Juni 2021 – 19:05 WIB
Gus Menteri Puji Digitalisasi di Kabupaten Sumedang, Begini Katanya... - JPNN.COM
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar memuji sistem digitalisasi yang ada di Kabupaten Sumedang. Foto: Kemendes

jpnn.com, SUMEDANG - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar memuji sistem digitalisasi yang ada di Kabupaten Sumedang, termasuk di tingkat desa.

“Inovasi SAKIP Desa di Sumedang berikut aplikasinya akan diusulkan untuk ditayangkan di website Kementerian Dalam Negeri sehingga direkomendasikan untuk diikuti oleh daerah-daerah lain,” ujar Gus Menteri, sapaan akrabnya, dihadapan sejumlah media di Gedung Negara Sumedang, Jumat (4/6).

Satu hal yang paling menarik dan unik dari Sumedang yakni tanda tangan Kepala Desa yang sudah memakai tanda tangan digital, termasuk e-SAKIP yang mirip konsepnya dengan SDGs Desa.

“SDGs Desa merupakan sebuah konsep dan implemetasi e-SAKIP dalam konteks pengawasan dan penggunaan Dana Desa untuk kesesuaian yang tentunya sesuai dengan kebijakan dari Kementerian Desa PDTT,” ujar Doktor Honoris Causa dari UNY ini.

e-SAKIP bukan hanya untuk mengelola Dana Desa, tapi untuk seluruh Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa.

Pihaknya meyakini penggunaan Dana Desa di Kabupaten Sumedang pada tahun-tahun berikutnya sudah berbasis pada penyelesaian masalah, karena perencanaannya sudah berbasis masalah.

“Inilah yang akan saya bawa ke skala nasional. Meskipun tidak semua daerah akan merespon ini, namun semua hal yang baik dari Kabupaten Sunedang akan kita bawa untuk ditawarkan secara nasional,” imbuhnya.

Terkait dengan pemuktahiran Data Desa berbasis SDGs Desa, Gus Menteri menilai saat ini sudah mencapai 71 juta lebih data warga yang masuk pada Sistem Informasi Desa.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar memuji sistem digitalisasi yang ada di Kabupaten Sumedang, termasuk di tingkat desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close