Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

H+7 Lebaran, 600 Ribu Lebih Kendaraan Melintas di Tol Trans Sumatera

Rabu, 03 Juni 2020 – 22:49 WIB
H+7 Lebaran, 600 Ribu Lebih Kendaraan Melintas di Tol Trans Sumatera - JPNN.COM
Prediksi kepadatan di ruas Tol Trans Sumatera. Foto: Dedi Sofian/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - PT Hutama Karya selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) mencatat sebanyak 613.395 kendaraan telah melintas, baik yang sudah operasional sepenuhnya, maupun yang masih fungsional, seminggu pascalebaran pada Senin (1/6) kemarin.

Angka ini merupakan akumulasi arus kendaraan yang masuk dan keluar JTTS melalui Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan di ruas tol Bakauheni – Terbanggi besar (Bakter), GT Kayu Agung di ruas tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Terpeka).

Kemudian GT Palembang dan GT Indralaya di ruas tol Palembang – Indralaya (Palindra), GT Binjai dan GT Helvetia di ruas tol Medan – Binjai (Mebi), GT Pekanbaru dan GT Minas di ruas tol Pekanbaru – Dumai (Permai) Seksi 1.

Peningkatan volume kendaraan paling signifikan di JTTS terjadi pada Senin (25/5). Ada sebanyak 43.751 kendaraan yang melintas di JTTS, meningkat 10.966 kendaraan dibandingkan dengan hari sebelumnya yakni hanya 32.785 kendaraan saja.

Peningkatan tersebut menjadi yang paling signifikan dalam seminggu paska lebaran, dimana peningkatan volume kendaraan di JTTS setelah hari-H lebaran per harinya rata-rata hanya sekitar 1000 hingga 2000 kendaraan saja.

Sementara itu, penurunan volume kendaraan yang cukup signifikan di JTTS justru terjadi di keesokan harinya yaitu Selasa (26/5), di mana  kendaraan yang melintas di JTTS adalah sebanyak 39.150 kendaraan, berkurang 4.601 kendaraan dibandingkan hari sebelumnya yaitu 43.751 kendaraan.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro mengatakan jumlah volume kendaraan yang melintas di JTTS H-7 hingga seminggu pascalebaran 2020 ini mengalami penurunan hingga 42,62 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu.

“Tahun lalu pada periode yang sama, total kendaraan yang melintas di JTTS mencapai 1,2 jutaan kendaraan. Jumlah tersebut mash dalam kondisi tol Terpeka fungsional dan tol Pekdum Seksi 1 belum difungsionalkan. Sedangkan tahun ini hanya 600 ribuan kendaraan saja,” jelas Aries.

loading...