Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Habib Salim: Konbes NU di Bidakara Berpotensi Abaikan Agenda Rapat PBNU

Senin, 06 Desember 2021 – 23:34 WIB
Habib Salim: Konbes NU di Bidakara Berpotensi Abaikan Agenda Rapat PBNU - JPNN.COM
Logo Nahdlatul Ulama. Ilustrasi. Foto: PBNU

jpnn.com, JAKARTA - Dinamika internal NU terkait Muktamar ke-34 memasuki babak baru. Pihak pendukung KH Yahya Staquf atau Gus Yahya disebut bakal menggelar Konferensi Besar (Konbes) NU untuk memutuskan waktu Muktamar pada Selasa (7/12).

Konbes ini tentu saja berpotensi mengabaikan agenda Rapat Syuriyah-Tanfidziyah PBNU yang juga bakal digelar di waktu yang sama.

“Kalau menghormati AD/ART mestinya tidak begitu. Keputusan mengadakan Munas atau Konbes itu mekanismenya melalui Rapat PBNU. Kalau ujug-ujug ya itu liar namanya,” kata Ketua PBNU Habib Muhammad Salim Al Jufri di Jakarta, Senin (6/12).

Mantan Ketua PWNU NTT yang belakangan aktif mendukung kembali majunya Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj ini menegaskan penjadwalan ulang waktu pelaksanaan Muktamar sesuai Putusan Konbes NU dilakukan oleh PBNU.

“Konbes itu forum tertinggi kedua setelah Muktamar. Konbes NU tahun 2021 sudah memutuskan penjadwalan ulang pelaksanaan muktamar diserahkan ke PBNU,” urainya.

Berkait hal ini, dia meminta semua pihak memahami dan tunduk kepada mekanisme organisasi yang diatur dalam AD/ART dan Peraturan Organisasi NU.

Soal keinginan memutuskan waktu penyelenggaraan Muktamar ke-34 tetap melalui Konbes NU, itupun, ungkap Habib Salim, juga tetap harus dilakukan melalui mekanisme Rapat Harian PBNU.

Jadi, kalau lah pilihannya mengadakan Konbes NU sekali lagi, pilihan itupun harus melalui keputusan rapat PBNU.

Habib Salim mengatakan konbes NU berpotensi mengabaikan agenda Rapat Syuriyah-Tanfidziyah PBNU yang juga bakal digelar di waktu yang sama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close