Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hacker Tiongkok Diduga Bobol BIN, Mbak Meutya Langsung Siapkan Rencana

Senin, 13 September 2021 – 23:28 WIB
Hacker Tiongkok Diduga Bobol BIN, Mbak Meutya Langsung Siapkan Rencana - JPNN.COM
Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid. Foto: arsip JPNN.Com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid berencana segera berkoordinasi dengan Badan Intelijen Negara (BIN) guna merespons kabar yang menyebut peretas atau hacker Tiongkok telah menyasar jaringan internal kementerian/lembaga di Indonesia.

Temuan lembaga peneliti keamanan internet Insikt Group mengungkap adanya hacker Mustang Panda dari Tiongkok yang menyasar berbagai instansi di Indonesia, termasuk BIN.

"Saya akan segera komunikasi dengan mitra kami, BIN. Kami belum menerima laporan, jadi, belum tentu informasi tersebut betul," kata Meutya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/9/2021). 

Politisi Partai Golkar itu menuturkan komisi yang membidangi urusan pertahanan dan luar negeri tersebut akan terus mendalami keabsahan info dari Insikt Group. Alasannya, hal itu menyangkut hubungan antara Indonesia dengan negara lain. 

"Jadi, harus betul betul hati-hati," kata Meutya. 

Sebelumnya, media spesialis keamanan siber The Record menyebut para peretas Tiongkok telah membobol sepuluh sistem jaringan internal kementerian dan lembaga pemerintah Indonesia, termasuk BIN.

The Record yang mengutip temuan lembaga pemerhati keamanan internet Insikt Group menyebut peretas itu terkoneksi dengan Mustang Panda.

Perusahaan multinational keamanan siber di Rusia, Kaspersky, menyebut Mustang Panda melakukan peretasan untuk spionase yang menyasar data intelijen ekonomi dan politik.(ddy/jpnn)


Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid menyatakan informasi soal dugaan hacker Tiongkok menyasar jaringan internal BIN harus dipastikan keabsahannya.

Redaktur : Antoni
Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close