Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hadapi Krisis Pangan, Wamentan Ajak Petani Deli Serdang Optimalkan Program Pompanisasi

Senin, 12 Agustus 2024 – 13:22 WIB
Hadapi Krisis Pangan, Wamentan Ajak Petani Deli Serdang Optimalkan Program Pompanisasi - JPNN.COM
Wamentan Sudaryono mengajak para petani di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) untuk mengoptimalkan program pompanisasi. Foto: dok Kementan

jpnn.com, DELI SERDANG - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono mengajak para petani di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) untuk mengoptimalkan program pompanisasi.

Hal itu dilakukan sebagai solusi cepat pemerintah dalam menghadapi darurat pangan yang melanda seluruh dunia.

Menurutnya, pompanisasi terbukti mampu meningkatkan produktivitas dari yang tadinya satu kali menjadi 3 kali dalam satu tahun.

"Penggunaan pompa harus maksimal karena pupuk sudah ada, bibit juga sudah ada. Nah, tinggal bagaimana air itu masuk ke sawah agar lahannya basah sehingga ke depan kita bisa tanam lagi," ujar Wamentan saat meninjau program pompanisasi di Desa Kolam, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Minggu (11/8).

Dia mengatakan pompanisasi merupakan program yang dipersiapkan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri serta mewujudkan Indonesia swasembada dan juga lumbung pangan dunia.

"Dengan pompa, tujuan kami meningkatkan produktifitas dan juga swasembada bisa kita capai secara maksimal dan sesegera mungkin," katanya.

Selama ini, kata Wamentan, Deli Serdang adalah wilayah subur yang memiliki potensi hasil panen tinggi terutamanya dalam memenuhi kebutuhan beras di wilayah Sumatera Utara.

Oleh karena itu, selain pompa, pemerintah juga tengah menyusun pembangunan dan perbaikan irigasi bagi sawah-sawah di seluruh Indonesia.

Wamentan Sudaryono mengajak para petani di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) untuk mengoptimalkan program pompanisasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA