Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hadiri Srawungan Sanak Mangkunegaran, Airlangga Sebut Solo Punya Twin Engine

Sabtu, 17 September 2022 – 08:57 WIB
Hadiri Srawungan Sanak Mangkunegaran, Airlangga Sebut Solo Punya Twin Engine - JPNN.COM
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat hadir dalam acara srawungan sanak mangkunegaran di Surakarta, Jawa Tengah pada Jumat (16/9/2022). Foto: Kemenko Perekonomian

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan wilayah Surakarta memiliki 'twin engine' dalam upaya pemajuan budaya. Hal ini terkait dengan eksistensi Kasunanan dan Mangkunegaran.

Hal itu diungkapkan Airlangga saat hadir dalam acara srawungan sanak mangkunegaran di Surakarta, Jawa Tengah pada Jumat (16/9/2022).

“Kalau diibaratkan pesawat, Solo itu seperti pesawat twin engine, satu mengkunegaran, satu kasunanan. Sejarahnya sebelum ada sejarah indonesia. Sejarahnya ada di situ,” kata Airlangga yang juga Ketua Umum Golkar itu.

Menurut Airlangga, dua pusat kebudayaan Jawa tersebut memang perlu untuk terus dirawat, bahkan dimajukan.

Untuk itulah, Airlangga meminta Wali Kota Surakarta Gibran Raka yang turut hadir untuk terus turut aktif melestarikan dua pusat kebudayaan tersebut.

“Pak Wali Kota nitip, Kasunanan nitip juga, memang tidak sederhana, tetapi kalau dirapikan tambah rapi. Solo dengan dua pusat kebudayaan," ujarnya.

Airlangga menyatakan pemerintah, baik pusat dan daerah juga telah sangat berupaya untuk mendorong pemajuan pelestarian budaya di Solo.

Dia mencontohkan seperti dalam momentum Presidensi G20, sejumlah working group diarahkan untuk menggelar kegiatan di Surakarta.

Airlangga Hartarto mengatakan Solo itu seperti pesawat twin engine, satu mengkunegaran, satu kasunanan. Sejarahnya sebelum ada sejarah indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close