Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dorong Perekonomian, Grebeg Apem Diapresiasi Menko Airlangga

Jumat, 16 September 2022 – 23:45 WIB
Dorong Perekonomian, Grebeg Apem Diapresiasi Menko Airlangga - JPNN.COM
Menko Perekonomian menghadiri acara Grebeg Apem Yaaqowiyyu Kiai Ageng Gribig di Klaten, Jawa Tengah. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, KLATEN - Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi masyarakat Klaten yang menggelar acara Grebeg Apem Yaaqowiyyu Kiai Ageng Gribig secara rutin setiap tahun.

Grebeg Apem Yaa Qowiyyu ini merupakan tradisi yang dilakukan secara turun-temurun sejak 400 tahun silam, dan digelar setiap tahun di bulan Safar.

Lebih dari 100 ribu masyarakat dari berbagai daerah hadir meramaikan Grebeg Apem Yaa Qowiyyu.

Airlangga Hartarto mengapresiasi masyarakat Klaten yang tetap konsisten menggelar tradisi sebaran apem tersebut, serta apresiasi kepada masyarakat yang turut hadir meramaikan sebaran apem.

"Ada banyak nilai dari tradisi Grebeg Apem Yaa Qowiyyu, seperti menggambarkan bagaimana penyebaran agama Islam yang dilakukan oleh Kiai Ageng Gribig tempo dulu dengan pendekatan kultural" tutur Airlangga.

Airlangga membanggakan sosok Kiai Ageng Gribig. Menurutnya, ada konsep berbagi dalam kegiatan ini, dan beliau menciptakan tradisi yang meninggalkan legasi ekonomi kerakyatan.

Menurut Airlangga, acara tahunan ini juga melahirkan perputaran ekonomi dan tentu ini menguntungkan bagi masyarakat sekitarnya.

"Juga ada nilai ekonomi yang mengikuti, yaitu pembuatan apem yang dilakukan oleh masyarakat lokal, perputaran ekonomi itu ada, dan dapat membuat ekonomi masyarakat tumbuh dan meningkat" ujar Airlangga.

Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi masyarakat Klaten yang menggelar acara Grebeg Apem Yaaqowiyyu Kiai Ageng Gribig secara rutin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close