Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hadiri Temu Nasional BEM Nusantara XIV, Jenderal Dudung Membawa Gagasan Visioner Bagi Generasi Muda

Rabu, 31 Juli 2024 – 12:14 WIB
Hadiri Temu Nasional BEM Nusantara XIV, Jenderal Dudung Membawa Gagasan Visioner Bagi Generasi Muda - JPNN.COM
Mantan KSAD Jenderal TNI (Purn) Dudung Abdurachman. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI (Purn) Prof. Dr. Dudung Abdurrachman mengingatkan pentingnya peran mahasiswa dalam menjalankan pembangunan berkelanjutan menuju Indonesia Emas.

Hal itu dikatakan Dudung saat menjadi keynote speaker dalam acara temu nasional Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara XIV di UIN Raden Fatah Kota Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (30/7).

“Mahasiswa adalah generasi penerus bangsa. Merekalah penerus pembangunan yang telah ditorehkan para pendiri bangsa ini nantinya. Tentu mereka mempunyai peran penting dalam menjalankan pembangunan berkelanjutan menuju Indonesia Emas,” kata Dudung.

Di hadapan ribuan tokoh aktivis gerakan mahasiswa, Dudung memberikan perspektif yang visioner dan konkret bagi generasi muda tentang arah masa depan bangsa dan tantangan yang akan di hadapinya.

“Ancaman kedaulatan negara tidak hanya secara fisik. Di era disrupsi digital saat ini, (ancaman) bisa melalui internet,” ungkap Dudung menggarisbawahi kompleksitas lanskap geopolitik kontemporer.

Pria kelahiran 19 November 1965 ini dengan cermat menghubungkan warisan pemikiran founding fathers, khususnya Soekarno, dengan realitas kekinian. Kutipannya tentang perjuangan melawan "bangsa sendiri" menjadi starting point diskusi kritis tentang identitas nasional di era globalisasi.

Dudung mendorong mahasiswa untuk tidak sekadar menjadi konsumen pasif perubahan, tetapi aktif mendefinisikan arah perubahan itu sendiri.

Lebih dari itu, Dudung menekankan pentingnya daya saing di kancah global tanpa kehilangan akar budaya.

Eks KSAD Jenderal TNI (Purn) Dudung Abdurrachman mengingatkan pentingnya peran mahasiswa dalam menjalankan pembangunan berkelanjutan menuju Indonesia Emas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA