Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hampir Seribu Pantarlih di Daerah Turun Lakukan Coklit

Selasa, 25 Juni 2024 – 12:21 WIB
Hampir Seribu Pantarlih di Daerah Turun Lakukan Coklit - JPNN.COM
Pantarlih sedang melakukan proses pencocokan dan penelitian data pemilih ke salah satu rumah warga dalam rangka menghadapi Pilkada serentak di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. ANTARA/HO-KPU Kapuas Hulu-Teofilusianto Timotius.

jpnn.com - KAPUAS HULU - Hampir seribu orang petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat mulai turun ke lapangan.

Sebanyak 854 jiwa petugas pantarlih tersebut mulai turun melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih untuk pelaksanaan Pilkada 2024.

"Selama satu bulan ke depan ratusan pantarlih itu wajib mendatangi rumah warga untuk melakukan coklit agar data pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap pada pilkada mendatang benar-benar valid," ujar Ketua KPU Kapuas Hulu Mohammad Yusuf, di Putussibau Kapuas Hulu, Selasa (25/6).

Menurut Yusuf dalam proses pencocokan dan penelitian data pemilih para petugas akan mencocokkan data pemilih berdasarkan data kependudukan yang dimiliki.

Yaitu kartu tanda penduduk (KTP) elektronik atau kartu keluarga (KK) serta mendata ulang bagi warga yang belum masuk dalam data pemilih berdasarkan ketentuan berlaku.

Dia mengatakan data pemilih yang akan di coklit sebanyak 194.546 pemilih tersebar di 282 desa dan kelurahan di 23 kecamatan di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

Untuk diketahui, tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih dilaksanakan secara serentak yang dimulai pada 24 Juni sampai dengan 24 Juli 2024.

"Saat pencocokan data pemilih petugas harus memperbaiki elemen data kependudukan jika terjadi perbedaan antara data yang kami berikan ke petugas dengan data kependudukan pemilih," ucap Yusuf.

Hampir seribu jiwa petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) di daerah ini mulai lakukan coklit data pemilih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close