Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Harapan HNW Setelah Pemerintah Berhasil Mengevakuasi WNI dari Afganistan

Sabtu, 21 Agustus 2021 – 10:38 WIB
Harapan HNW Setelah Pemerintah Berhasil Mengevakuasi WNI dari Afganistan - JPNN.COM
Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Dr. H. M Hidayat Nur Wahid, MA. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid alias HWN mengapresiasi kesigapan dan keberhasilan Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri yang telah sukses mengevakuasi WNI terdata di Afganistan.

Bahkan juga dengan WNI dengan pasangannya yang warga Afganistan, tanpa ada kendala sebagaimana tragedi yang terjadi saat pesawat Amerika Serikat akan mengevakuasi warganya dari Afganistan.

HNW sapaan akrabnya berharap WNI dan mereka yang berhasil dievakuasi dari Afganistan, yang dijadwalkan tiba di bandara Soekarno Hatta dini hari ini, Sabtu (21/8) waktu Jakarta, tetap mendapatkan hak-hak mereka sebagai Warga Negara.

Sementara Pejabat KBRI yang masih bertugas di Kabul agar terus dipastikan terjaminnya keselamatan dan kelancaran kerjanya sebagaimana janji Taliban.

Selain itu, lanjutnya, semestinya evakuasi ini juga bukan berarti Indonesia melarikan diri dari tanggung jawab dalam keterlibatan untuk menghadirkan perdamaian dunia, sebagaimana perintah Konstitusi, tetapi juga sebagai perwujudan dari amanat konstitusi. Yaitu melindungi seluruh Bangsa Indonesia apalagi yang berada di daerah konflik, sebagaimana diatur juga dalam Pasal 21 UU No. 37 Tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri.

“Kesigapan Pemerintah untuk segera mengevakuasi WNI, sebagaimana sudah disuarakan oleh Pimpinan MPR dan anggota DPR Komisi I yang membidangi urusan luar negeri, bahkan lebih cepat dan tanpa hambatan dibanding dengan proses evakuasi terhadap WNI di Wuhan saat awal masa pandemi covid-19. Ini tentu juga berkat hubungan baik Indonesia dengan para pihak di Afghanistan,” ujar Hidayat yang juga anggota DPR RI dari Dapil Jakarta II meliputi Luar Negeri melalui siaran pers di Jakarta, Sabtu (21/8).

Oleh karena itu, lanjut HNW, dengan mempertimbangkan hubungan baik yamg sudah terjalin antara Indonesia dengan Afghanistan bahkan dengan Taliban yang pernah secara resmi berkunjung ke Indonesia dan diterima secara resmi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan PBNU, maka sewajarnya Menteri Luar Negeri harus terus bersikap konstruktitf untuk mendorong masyarakat dunia membantu menyelesaikan masalah di Afganistan ini dengan pendekatan yang oleh Menlu disebut sebagai Afghan-Led dan Afghan-Owned. Yaitu mengedepankan maslahat dan kepentingan Afganistan dalam mewujudkan perdamaian dan solusi dengan melibatkan seluruh pihak  di internal Afghanistan.

“Sikap Menlu yang bijak ini penting disuarakan lebih serius dan lebih aktif melalui forum-forum internasional seperti di PBB maupun OKI. Dan, karena de facto sekarang Taliban yang “menguasai” Afganistan tetapi masih ada perlawanan dari Panshir dipimpin oleh Ahmad Mashood dan Wapres Amrullah Sholih, maka penting juga bagi Kemenlu RI untuk melakukan peran lobinya agar bisa dihindarkan perang dan konflik terbuka sesama warga Afghanistan, yang akan makin menyeret Afganistan kepada kondisi politik, ekonomi maupun sosial yang makin buruk dan makin menyengsarakan Negara dan Bangsa Afganistan,” jelasnya.

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid alias HWN mengapresiasi keberhasilan Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri yang telah sukses mengevakuasi WNI terdata di Afganistan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close