Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Harapan Sultan Tentang Pencarian Kapal Selam Nanggala 402 yang Hilang Kontak

Minggu, 25 April 2021 – 07:51 WIB
Harapan Sultan Tentang Pencarian Kapal Selam Nanggala 402 yang Hilang Kontak - JPNN.COM
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan Bachtiar Najamudin. Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Kurang lebih sudah selama tiga hari sejak Rabu (21/4) Kapal Selam Nanggala 402 kehilangan kontak dan selama itu pula pemerintah belum menemukan hasil dalam upaya melakukan pencarian.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin menyampaikan simpati dan dukungan kepada seluruh pihak yang telah ikut andil mengerahkan kemampuannya.

“Kita berharap Kapal Selam Nanggala 402 segera ditemukan dan para awak dan kru masih bisa diselamatkan. Juga pada kesempatan ini saya turut menyampaikan simpati sebesar-besarnya atas kejadian terjadi. Ini merupakan ujian bagi kita semua,” ujar Sultan dalam siaran pers pada Sabtu (24/4).

Menurut Sultan, pada saat yang 'kritis' seperti sekarang, kita berharap kepada semua pihak untuk dapat berempati, memberikan dukungan dan menahan diri untuk tidak saling menyalahkan atau menyudutkan salah satu pihak atas apa yang terjadi.

“Setelah ini berlalu, pemerintah melalui TNI harus melakukan evaluasi terhadap sistem alutista yang kita miliki.

Menurut Sultan, audit terhadap sistem dan fungsi alat utama sistem persenjataan (alutsista) bukan hanya saat terjadi kecelakaan saja tetapi memang seharusnya menjadi kebutuhan berkala agar mengetahui tingkat kelayakan penggunaannya.

“Semua pihak dari eksekutif dan legislatif justru memiliki kewajiban dalam menjalankan fungsinya dalam mengawal hal ini. Sehingga dapat menjamin keselamatan pasukan selama bertugas maupun sedang melaksanakan latihan,” ujar eks Wakil Gubernur Bengkulu itu.

Namun, kita sedang berkejaran dengan waktu. Sebab jika memang tidak terjadi kerusakan yang parah terhadap Nanggala 402, maka masih ada kesempatan pada dan beberapa hari ini  ke depan untuk mengevakuasi selamat para awak dan kru.

Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin menyampaikan simpati dan dukungan kepada seluruh pihak yang telah ikut andil mengerahkan kemampuannya dalam proses pencarian kapal selam Nanggala 402.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close