Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Harapan Umat Buddha Bali pada Perayaan Waisak

Minggu, 04 Juni 2023 – 22:36 WIB
Harapan Umat Buddha Bali pada Perayaan Waisak - JPNN.COM
Ribuan umat buddha se-Bali mengikuti puja bakti Trisuci Waisak 2567 BE di Vihara Buddha Sakyamuni, Denpasar, Bali, Minggu (4/6/2023). ANTARA/HO-Humas Vihara Buddha Sakyamuni

jpnn.com, DENPASAR - Vihara Buddha Sakyamuni, Denpasar, Bali, dipenuhi ribuan warga yang mengikuti puja bakti Trisuci Waisak 2567 BE, Minggu.

Puja bakti Trisuci Waisak ini merupakan rangkaian kegiatan yang telah dimulai dari sebulan yang lalu.

“Persiapan dari ibadah ini, yaitu dirangkai dengan kegiatan Sebulan Pendalaman Dhamma (SPD), kemudian dilanjutkan dengan pattidana dan pindapatta yang menghadirkan empat biksu, yaitu Jayadhamo Thera, Santacitto, Dhammaratano dan Pabbajayo," kata Ketua Karakasabha Vihara Buddha Sakyamuni Sanjaya Gunawan.

Gunawan mengatakan rangkaian acara puja bhakti diawali dengan meditasi bersama menyambut detik-detik Trisuci Waisak pada pukul 11.41.19 Wita.

Kemudian dilanjutkan dengan Mahajata (peringatan ulang tahun Vihara Buddha Sakyamuni), pelepasan burung (Abhayadana) dan puja bakti perayaan Trisuci Waisak 2567 BE.

Perayaan hari Trisuci Waisak ini, ungkap Gunawan, bukan hanya untuk memperingati tiga peristiwa penting dalam kehidupan Sang Buddha, yakni lahirnya Pangeran Siddhartha Gautama, Pangeran Siddhartha Gautama mencapai penerangan sempurna sebagai Buddha, dan Sang Buddha parinibbhana, namun juga memontum (memo dan momentum-red) untuk selalu ingat dan melaksanakan ajaran Buddha.

Menurutnya, perayaan Tri Suci waisak menjadi momentum bagi umat buddha untuk senantiasa memperkuat moral, mengekspresikan ajaran buddha dharma untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan serta membangun kedamaian antarsesama.

"Dalam perayaan Trisuci Waisak 2023 ini mengangkat tema "Memperkokoh Moral Membangun Kedamaian Bangsa" yang sejalan dengan tatanan nilai dan pedoman hidup," kata Gunawan.

Vihara Buddha Sakyamuni, Denpasar, Bali, dipenuhi ribuan warga yang mengikuti puja bakti Trisuci Waisak 2567 BE, Minggu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close