Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Harga Garam Anjlok Drastis

Senin, 08 Agustus 2011 – 23:12 WIB
Harga Garam Anjlok Drastis - JPNN.COM
JAKARTA - Harga garam nasional anjlok saat memasuki musim panen lalu. Saat ini, harga garam untuk kualitas pertama (K-I) tercatat Rp 400 per kg. Padahal, sebelum panen harga sempat melonjak sampai Rp 800 per kg. Di sisi lain, pemerintah sendiri telah menaikkan harga garam K-I dan K-II yang masing-masing RP 750 per kg dan Rp 550 per kg.

Presdir PT Garam Slamet Untung Irredenta mengatakan, pihaknya telah melakukan pembelian garam petani sejak panen lalu. Diakui, saat ini harga garam merosot. "Kami berharap bisa kembali pada mekanisme dan aturan yang sudah ada dalam tata niaga yang dibentuk pemerintah," ujar dia pekan lalu.

Dia menguraikan, pembelian yang dilakukan tidak bisa sesuai dengan keputusan yang ditetapkan menteri perdagangan. Karena harga yang terbentuk di pasaran relatif rendah, sehingga pihaknya hanya bisa mengikuti mekanisme pasar. "Kami berkomitmen, kalau harga naik, kami akan menaikkan dan siap membuka gudang," tandas dia.

Menurut dia, salah satu alasan yang membuat harga garam anjlok karena masuknya garam impor. Akan tetapi nyatanya garam impor masih saja masuk meski sudah memasuki musim panen. "PT Garam sudah menyetop impor sejak panen lalu. Padahal, masih ada garam impor yang tertahan di Malaysia tapi tetap tidak kami masukkan," kata dia.

JAKARTA - Harga garam nasional anjlok saat memasuki musim panen lalu. Saat ini, harga garam untuk kualitas pertama (K-I) tercatat Rp 400 per kg.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close