Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Harga Sembako Surabaya Naik Tertinggi

Sabtu, 16 Juli 2011 – 07:44 WIB
Harga Sembako Surabaya Naik Tertinggi - JPNN.COM
JAKARTA- Pemerintah akan memperluas pengadaan operasi pasar untuk beras. Akan tetapi, tetap akan mempertimbangkan kenaikan harga beras di tiap daerah. Sebelum ini, pemerintah telah mengadakan operasi pasar di pasar induk beras Cipinang (PIBC).

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Gunaryo mengatakan, tren harga beras terus mengalami kenaikan meski cenderung lambat. Untuk mengatasi kenaikan harga beras pihaknya bersama Bulog melakukan operasi pasar di PIBC. "Selain itu, kita minta (operasi pasar) diperluas di pasar induk lain, seperti di pasar induk Tanah Tinggi Tangerang. Mudah-mudahan dapat menahan laju peningkatan harga beras," kata dia kemarin (15/7).

Menurut data Kementerian Perdagangan harga rata-rata harian nasional per 13 Juli 2011 tercatat Rp 7.293 per kg dengan kenaikan Rp 23 per kg  atau 0,32 persen bila dibandingkan harga tanggal 12 Juli 2011 sebesar Rp 7.270 kg. Sedangkan harga tertinggi terjadi di Jambi sebesar Rp 8.125 per kg dan terendah di Gorontalo sebesar Rp 6.000 per kg.

Untuk perubahan harga dari Juni ke Juli mengalami kenaikan sebesar 1,54 persen. Dengan rata-rata Juni sebesar Rp 7.133  per kg dan rata-rata Juli sebesar Rp 7.243. Sementara kalau rata-rata pulau jawa ada kenaikan sebesar 5 persen dari rata-rata Juni Rp 6.711 per kg menjadi Rp 7.047 per kg untuk rata-rata Juli.

JAKARTA- Pemerintah akan memperluas pengadaan operasi pasar untuk beras. Akan tetapi, tetap akan mempertimbangkan kenaikan harga beras di tiap daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close