Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hari Batik Diperingati di Roma dan Budapest

Kamis, 03 Oktober 2019 – 03:38 WIB
Hari Batik Diperingati di Roma dan Budapest - JPNN.COM
Pekerja mempertebal warna motif batik di galeri Batik Banten, Kota Serang, Selasa (1/10). Foto: Banten Raya

jpnn.com, ROMA - Hari Batik Nasional yang ditetapkan pemerintah pada tanggal 2 Oktober diperingati di berbagai negara, seperti di Roma, Italia.

Pada pembukaan Festival Film Asiatica dan di Budapest Hungaria digelar “Batik Exhibition and Fashion Show” yang diadakan KBRI Budapest di Wisma Duta, Rabu.

Istri Dubes RI di Hongaria, Dewi Hartati Dimas Wahab, mengatakan bahwa batik adalah warisan budaya Indonesia dan diakui oleh UNESCO sebagai a Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity sejak 2 Oktober 2009.

"Elegant and beautiful,"  decak kagum salah satu undangan yang menghadiri “Batik Exhibition and Fashion Show”. Acara ini diiringi musik live gamelan Jawa dibawakan kelompok gamelan Topong Bang asuhan KBRI Budapest.

Anggota Darma Wanita KBRI Budapest turut memperagakan cara menggunakan kain batik, baik untuk kegiatan sehari-hari maupun pergi tamasya pada musim panas atau menghadiri acara seremonial lainnya.

Dubes Dimas mengatakan bahwa KBRI mempromosikan Indonesia melalui berbagai jalur diplomasi . Kali ini menggunakan diplomasi kebudayaan khas Indonesia. Semua staf di KBRI Budapest setiap Jumat, dianjurkan menggunakan batik.

Di akhir acara, undangan disuguhi berbagai hidangan khas Indonesia, seperti nasi goreng, gado-gado, soto ayam, rendang, sumpia, lapis legit, dan wingko babat.

Sementara itu, warga Indonesia di Roma memperingati Hari Batik dengan berpartisipasi pada Festival Film Asiatica di Roma mengenakan busana batik dan memperagakan busana batik bersama Kedutaan Besar dari negara ASEAN lainnya.

Hari Batik Nasional yang ditetapkan pemerintah pada tanggal 2 Oktober diperingati di berbagai negara, seperti di Roma, Italia.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close