Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Harumnya Bisnis Domba dan Kambing

Kamis, 13 Agustus 2020 – 19:58 WIB
Harumnya Bisnis Domba dan Kambing - JPNN.COM
Mahir Alwi. Foto: Dokumen Pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Selama ini kesan sebagian orang terhadap domba dan kambing adalah binatang yang memiliki tingkat kebauan tinggi. Maka tidak heran jika banyak orang menghindari bau domba dan kambing.

Memang benar adanya, dan tidak bisa dibantah binatang ini memiliki bau yang sangat khas. Namun, selain bau dari segi fisiknya, domba dan kambing ternyata sangat harum dari segi bisnis. Inilah yang diakui seorang peternak domba kambing muda asal Bogor, Mahir Alwi.

Alwi bercerita, bisnis domba kambing bisa membuatnya menjadi seorang pengusaha sukses dan dikenal sebagai juragan kambing di Indonesia. Padahal, awalnya ia terjun di bisnis domba kambing hanya bermodalkan Rp200.000.

Saat masih sekolah di bangku SMP di Pasuruan, Jawa Timur, pria kelahiran 1980-an ini mulai berjualan daging dari rumah ke rumah. Ia belanja kambing di pasar dan memotongnya untuk dijual eceran.

Perlahan, ia mengajak seorang temannya, Abdullah yang hampir putus sekolah karena tidak ada biaya. Alwi mengajak Abdullah sebagai rekan dagang.

Duet dua bocah SMP ini cukup berkembang dalam berjualan daging. Hingga keduanya memiliki toko daging saat beranjak ke SMA.

Merasa bisnis dagingnya terus berkembang, Alwi berencana mengepakan sayap bisnisnya menjadi seorang peternak. Ide itu sempat dipatahkan oleh Abdullah lantaran penjualan daging kambing terus meningkat sehingga merasa tidak perlu lagi untuk menjadi peternak.

"Tapi saya akhirnya pecah kongsi. Teman saya tetap bisnis daging kambing, sementara saya mulai terjun menjadi peternak. Saat itu modal yang saya punya sekitar Rp 15 juta," paparnya.

Berkat bisnis domba dan kambing, Mahir Alwi dikenal sebagai salah satu juragan kambing di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close