Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Harus Ada Aturan Diskualifikasi Cakada Pelanggar Protokol Kesehatan

Selasa, 15 September 2020 – 10:34 WIB
Harus Ada Aturan Diskualifikasi Cakada Pelanggar Protokol Kesehatan - JPNN.COM
Saleh Partaonan Daulay mendukung kebijakan Anies Baswedan menerapkan PSBB Jakarta secara total. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksana harian Ketua Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay meminta KPU, Bawaslu, dan DKPP berperan aktif menertibkan pasangan calon kepala daerah dan para pendukungnya yang melanggar protokol kesehatannya.

Saleh menegaskan harus ada aturan tegas yang diberlakukan, bila perlu peraturan yang dapat mendiskualifikasi calon pelanggar protokol kesehatan Covid-19.

"Kalau perlu, aturan itu dapat mendiskualifikasi paslon. Kalau hanya sekadar teguran lisan dan tulisan, sepertinya tidak efektif. Aturan yang dibuat harus lebih tegas," kata Saleh.

Menurutnya, bila paslon dan pendukungnya bisa ditertibkan maka tahapan Pilkada Serentak 2020 bisa dilanjutkan.

Ia berpendapat titik perhatian utama adalah keamanan dan kesehatan masyarakat, ini pula yang harus dipastikan oleh para penyelenggara.

"Jangan sampai ada masyarakat yang terpapar hanya karena ikut menegakkan demokrasi. Keselamatan dan kesehatan masyarakat harus menjadi prioritas. Keterlibatan semua pihak dalam hal ini sangat diperlukan," kata legislator Dapil II Sumatera Utara ini.

Saleh sebenarnya melihat proses dan tahapan pilkada sudah dijalankan sesuai agenda yang ditetapkan.

Menurutnya, dari sisi pelaksanaan tahapan tersebut dilalui secara baik, meskipun ada catatan-catatan kritis yang perlu diperbaiki.

Saleh mendorong penyelenggara pemilu membuat aturan yang bisa mendiskualifikasi cakada pelanggar protokol kesehatan Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close