Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hasil Pertemuan SCM ke-2 Bakal Dibahas di 10th World Water Forum pada Mei 2024

Minggu, 15 Oktober 2023 – 10:12 WIB
Hasil Pertemuan SCM ke-2 Bakal Dibahas di 10th World Water Forum pada Mei 2024 - JPNN.COM
The 2nd Stakeholders Consultation Meeting (SCM) di Hotel Intercontinental Bali Resort, Jimbaran, Kabupaten Badung, Provinsi Bali pada Kamis (12/10). Foto source for jpnn.com

jpnn.com, BADUNG - The 2nd Stakeholders Consultation Meeting (SCM) yang digelar pada 12-13 Oktober 2023 resmi ditutup.

Hasil pertemuan berupa sejumlah komitmen dan rencana aksi konkret terkait permasalahan air global, yang akan dibahas lebih lanjut di pertemuan 10th World Water Forum pada Mei 2024.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono yang juga Ketua Harian Panitia Nasional Penyelenggaraan World Water Forum ke-10 2024 mengatakan SCM ke-2 memainkan peran penting dalam meletakkan dasar bagi World Water Forum mendatang.

Para pemangku kepentingan diajak untuk membahas lebih lanjut soal permasalahan air lewat proses tematik, regional, dan politik. Serta, terus menggiatkan kolaborasi antara negara maju dan berkembang.

“Pada kesempatan ini, kami membahas ‘water justice’ secara global, termasuk pengelolaan air di pulau-pulau kecil dan akses air bersih untuk semua. Kemudian, kami akan memetakan keterkaitan antar subtema, wilayah, dan ketiga proses, merencanakan tindakan lebih lanjut dan merancang hasil akhir untuk forum, serta merancang tindak lanjut setelahnya,” ujar Basuki.

Wakil Presiden World Water Council (WWC) Eric Tardieu menyampaikan dalam dua hari SCM ke-2, semakin terlihat jelas ide dan inisiasi yang akan dibahas pada World Water Forum mendatang, khususnya pada proses politik, tematik, dan regional.

“Dalam dua hari ini, saya mendengar bahwa sesi breakout dari proses tematik menghasilkan pembahasan yang begitu konkret, kaya, dan nilai tambah yang kuat untuk dibahas dan dikerjakan lebih lanjut,” tutur Eric Tardieu.

Menurut Eric, banyaknya input yang berkualitas tersebut menegaskan bahwa agenda SCM begitu penting sebagai langkah dan kerja kolektif menuju penyelenggaraan World Water Forum 2024.

Dalam dua hari SCM ke-2, semakin terlihat jelas ide dan inisiasi yang akan dibahas pada World Water Forum mendatang, khususnya pada proses politik, tematik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close