Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hasil Rakerda PAN Mengejutkan, Soliditas KIB Jadi Pertanyaan

Jumat, 08 Juli 2022 – 22:36 WIB
Hasil Rakerda PAN Mengejutkan, Soliditas KIB Jadi Pertanyaan - JPNN.COM
Koalisi Indonesia Bersatu yang berisi Golkar, PAN, dan PPP. Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/pras

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Universitas Jayabaya dan Director Survey & Polling Indonesia, Igor Dirgantara mempertanyakan soliditas Koalisi Indonesia Barsatu (KIB), menyusul ketiadaan nama Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di daftar usulan capres di semua Rakerda PAN di provinsi Jawa Timur

Menurut Igor, tak munculnya nama Airlangga bisa memunculkan banyak persepsi.

"Tidak adanya nama Airlangga Hartarto dalam usulan capres di semua Rakerda PAN di Jatim ini menarik. Apa ini indikasi Kader PAN di Jawa Timur tidak memperhintungkan nama Airlangga sebagai capres. Suatu hal yang patut dipertanyakan," ujar Igor kepada awak Media (8/7)

Persepsi lain yang juga bisa berkembang di masyarakat menurut Igor adalah persoalan komunikasi antar parpol KIB di Jawa Timur.

Igor menambahkan, sebagai koalisi yang di bentuk untuk menghadapi pemilu 2024, antar partai politik yang tergabung dalam koalisi harus memiliki hubungan yang saling menguntungkan dan mampu mendongkrak perolehan suara.

"Koalisi itu harus simbiosis mutualisme antar parpol di dalamnya. Tiap partai di dalamnya tentu saling mengetahui kepentingan di dalamnya. Masyarakat bisa bertanya apakah KIB di Jatim ini solid?" tambah Igor

Igor juga menuturkan dinamika perpolitikan masih sangat dinamis dan cair. Komposisi partai yang berkoalisi masih sangat terbuka lebar.

"Tentu, masih sangat memungkinkan terjadinya berbagai perubahan. Komposisinya pun bisa bertambah atau berkurang. Indikator yang penting dalam koalisi adalah terakomodasinya kepentingan tiap partai".

Persepsi lain yang juga bisa berkembang di masyarakat menurut Igor adalah persoalan komunikasi antar parpol KIB di Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close