Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hasil Rapid Test Pengungsi Rohingya

Jumat, 26 Juni 2020 – 23:09 WIB
Hasil Rapid Test Pengungsi Rohingya - JPNN.COM
Muslim etnis Rohingya yang mengungsi di bekas kantor imigrasi Lhokseumawe. Foto: Antara

jpnn.com, ACEH UTARA - Pemerintah Kabupaten Aceh Utara telah melakukan tes cepat (rapid test) terkait COVID-19 terhadap puluhan muslim etnis Rohingya yang mengungsi di bekas kantor imigrasi Lhokseumawe, hasil pemeriksaan semuanya menunjukkan tidak reaktif.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara Amir Syarifuddin, Jumat, mengatakan pihaknya langsung melakukan pemeriksaan kesehatan dan tes cepat COVID-19, setelah para pencari suaka itu merapat ke daratan Pantai Lancok, Aceh Utara.

"Sudah kami lakukan rapid test sebanyak 99 orang, baru selesai pukul 23.00 WIB tadi malam, semuanya hasilnya nonreaktif, atau negatif COVID-19," kata Amir, di Aceh Utara.

Dia menjelaskan, pemerintah kabupaten setempat langsung melakukan langkah penanganan usai Rohingya merapat ke Aceh Utara. Selain pemeriksaan kesehatan dan tes cepat, pihaknya juga membantu kebutuhan logistik mereka.

Menurut Amir, pemeriksaan kesehatan umum dilakukan karena terdapat beberapa orang dalam kelompok Rohingya itu dengan kondisi tubuh lemas setelah dievakuasi ke pesisir Aceh Utara.

"Tidak membutuhkan perawatan rumah sakit. Hanya dilakukan perawatan di lokasi penampungan sementara," kata Amir.

Sedangkan tes cepat, kata Amir, harus dijalankan mengingat pengungsi internasional itu terdampar di pesisir Aceh saat mewabahnya pandemi COVID-19, sehingga wajib mengikuti protokol kesehatan sebagai upaya antisipasi.

"Dalam penanganan pengungsi di tempat penampungan kita juga tetap mengedepankan protokol kesehatan, tidak boleh sembarangan orang keluar masuk menemui pengungsi," katanya. (antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Pemkab Aceh Utara telah melakukan rapid test Covid-19 terhadap puluhan muslim etnis Rohingya di Aceh.

Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close