Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hasil Riset Tunjukkan Program Kartu Prakerja Beri Dampak Positif kepada Penerimanya

Kamis, 23 November 2023 – 23:34 WIB
Hasil Riset Tunjukkan Program Kartu Prakerja Beri Dampak Positif kepada Penerimanya - JPNN.COM
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meyakini program Prakerja akan tetap berlanjut di tahun mendatang meski pemerintahan berganti. Foto: Dok LPEM FEB UI

jpnn.com, JAKARTA - Program Kartu Prakerja dinilai mampu memberikan dampak positif yang signifikan bagi penerimanya.

Hal itu terlihat melalui hasil riset yang dilakukan tiga lembaga penelitian; DEFINIT, Centre for Innovation Policy and Governance (CIPG), dan Svara Institute.

Temuan kebermanfaatan ini tidak hanya berlaku pada skema semi bansos 2020-2022, tetapi juga pada Skema Normal 2023.

Pemerintah berencana melanjutkan Prakerja karena dinilai memberikan dampak yang signifikan kepada angkatan kerja Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meyakini program Prakerja akan tetap berlanjut di tahun mendatang meski pemerintahan berganti.

Terutama karena manfaat dan dampak yang sudah dihasilkan Prakerja. Anggaran ke depan ditentukan oleh pemerintahan sekarang. Jadi dalam siklus anggaran pemerintah sekarang bisa menitipkan program keberlanjutan.

"Kalau kita ajukan program unggulan termasuk Prakerja dalam APBN 2025, maka program berlanjut," kata Airlangga dalam acara Diseminasi Riset Prakerja “Continuous Improvement, Evidence-driven Decision Making” yang diselenggarakan oleh Prakerja dan Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) di Auditorium MM UI Salemba, Kamis (23/11/2023).

Dalam diskusi yang dimoderasi oleh Guru Besar FEB UI Bambang Brodjonegoro, Airlangga juga meyakini Prakerja bisa menjadi program yang menjembatani antara pekerja dan lapangan kerja yang tantangan ke depannya mayoritas pekerjaan akan beralih ke sektor digital.

Program Kartu Prakerja dinilai mampu memberikan dampak positif yang signifikan bagi penerimanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close