Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hasil Survei: Di Rumah Ortu Marah-marah, Anak Kangen Teman Sekolah

Sabtu, 16 Mei 2020 – 15:23 WIB
Hasil Survei: Di Rumah Ortu Marah-marah, Anak Kangen Teman Sekolah - JPNN.COM
Dekan FKIP Uhamka Dr Desvian Bandarsyah, M. Pd dalam seminar nasional daring PAUD. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang diperkirakan berlangsung cukup lama, berpotensi berakibat pada terjadinya lost generation.

Bila hal tersebut tidak dicarikan solusinya, bonus geografi yang diprediksi akan dinikmati Indonesia dan sebagian kecil negara hanya jadi angan-angan.

Hal tersebut diungkapkan Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Dr Desvian Bandarsyah, M. Pd dalam seminar nasional online bertajuk Wajah Baru PAUD di Indonesia Pascapandemi Covid-19 : Sinergi Sekolah & Keluarga besutan PG PAUD FKIP Uhamka, Sabtu (16/5).

"Pandemi Covid-19 yang cukup panjang, ancamannya terjadi lost generation atau generasi yang hilang. Kita lihat daya beli masyarakat turun sehingga akses pendidikan juga melemah," kata Desvian.

Yang mengkhawatirkan, lanjut Desvian, dengan menurunnya daya beli masyarakat otomatis para orang tua kesulitan mencukupi kebutuhan gizi anaknya terutama anak balita.

Bila gizi tidak tercukupi ditambah akses pendidikan melemah, lost generation pasti terjadi.

"Bonus demografi kalau tidak dibarengi kemampuan akses pendidikan dan negara tidak bisa memberikan sistem pendidikan yang berkeadilan maka akan jadi masalah," ucapnya.

Dia melanjutkan, masa pandemi memaksa orang tua dan rumah sebagai guru serta sekolah. Ini sebagai wadah sekaligus aktor penting untuk menggali potensi anak.

Belajar dari rumah adalah salah satu solusi ahar anak-anak tetap mendapatkan hak pendidikan selama pandemi masa Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close