Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hasil Survei Populi Center soal Pilkada Surabaya 2020, Ada yang Aneh

Sabtu, 31 Oktober 2020 – 15:16 WIB
Hasil Survei Populi Center soal Pilkada Surabaya 2020, Ada yang Aneh - JPNN.COM
Populi Center merilis hasil survei Pilkada Surabaya 2020. Foto: source for JPNN

jpnn.com, SURABAYA - Hasil survei Populi Center menyebutkan, pemilih Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019 lebih banyak yang mendukung pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Armuji di Pilkada 2020.

Populi Center melakukan survei pada 6 hingga 13 Oktober 2020 dengan 800 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Peneliti Populi Center Jefri Adriansyah mengatakan, margin of error pada survei kali ini sebesar 4,0 persen dengan tingkat kepercayan 95 persen.

"Dilihat dari sebaran responden berdasarkan pilihan saat Pilpres 2019, pasangan Eri-Armuji banyak dipilih oleh responden yang dulu memilih pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. Angkanya mencapai 45,1 persen. Sedangkan yang memilih paslon Machfud Arifin-Mujiaman 37,6 persen," kata Jefri di Surabaya, Sabtu (31/10).

Yang aneh, lanjut Jefri, justru Machfud Arifin yang pernah menjadi sebagai Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Jawa Timur mendapat dukungan dari massa pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

Angkanya mencapai 44,3 persen, sedangkan Eri-Armudji mendapat dukungan 35,0 persen massa pendukung Prabowo-Sandi.

Selain mendapat dukungan dari pemilih Jokowi-Ma’ruf Amin, paslon nomor urut 1 Eri-Armuji juga mendapat dukungan dari pemilih Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno pada Pilkada Jatim 2018.

Pemilih Khofifah-Emil menjatuhkan pilihan ke Eri-Armuji mencapai 41,1 persen, sedangkan pemilih Gus Ipul-Puti mencapai 48,1 persen.

Populi Center merilis hasil survei terkait Pilkada Surabaya, ada yang aneh, silakan cermati angka-angkanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close