Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hasil Survei Terbaru: Elektabilitas Anies Baswedan di Jatim Mengenaskan

Kamis, 11 Mei 2023 – 04:37 WIB
Hasil Survei Terbaru: Elektabilitas Anies Baswedan di Jatim Mengenaskan - JPNN.COM
Ketum Partai NasDem Surya Paloh (kanan) bersama kandidat capres pada Pilpres 2024 Anies Baswedan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - SURABAYA - Lembaga survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) mengadakan survei tentang elektabilitas kandidat capres di Pilpres 2024 di wilayah Jawa Timur (Jatim).

Hasil survei terbaru ARCI dengan simulasi tiga kandidat capres menunjukkan Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi di Jatim mengungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Survei dilakukan pada 25 April-4 Mei 2023 menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.249 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim.

Margin of error dari survei tersebut sebesar 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Hasil dari simulasi tiga calon, elektabilitas Prabowo di Jatim sebesar 29,7 persen, kemudian Ganjar Pranowo 28,5 persen dan elektabilitas Anies Baswedan 15,2 persen," ujar Direktur ARCI Baihaki Sirajt di Surabaya, Rabu (10/5).

"Sebanyak 23,3 persen responden tidak menjawab," sambung Baihaki Sirajt.

Baihaki juga menjelaskan, suara Prabowo merata di beberapa sektor pemilih, yang mana Prabowo menjadi figur yang banyak dipilih warga Nahdlatul Ulama (NU) Jatim, yakni 31,06 persen, atau unggul atas Ganjar sebesar 30,01 persen dan Anies Baswedan 18,4 persen.

"Ada sebanyak 20,5 persen responden Nahdliyin yang belum menentukan pilihan," ucap Baihaki.

Pilpres 2024: Hasil survei terbaru ARCI menunjukkan elektabilitas Anies Baswedan tertinggal jauh dibanding elektabilitas Prabowo Subianto.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close