Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hasil Tes Kolesterol Naik Turun, Apa Solusinya?

Selasa, 19 Februari 2019 – 23:33 WIB
Hasil Tes Kolesterol Naik Turun, Apa Solusinya? - JPNN.COM
Pasien saat dites kolesterol. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Sudahkah Anda melakukan tes kolesterol dalam waktu dekat ini? Bagaimana dengan hasilnya, apakah memuaskan? Jika ya, sebaiknya Anda jangan buru-buru senang dan terlena dengan keadaan. Sebab, hasil tes kolesterol tersebut sangat mungkin berubah menjadi sesuatu yang tidak Anda harapkan.

Di tes sebelumnya Anda mungkin mendapatkan nilai kolesterol yang normal. Namun di tes selanjutnya, bisa saja nilai tersebut berubah menjadi tinggi. Fakta medis menyebut bahwa kadar kolesterol yang tidak terjaga seimbang di rentang normal merupakan cikal bakal berbagai keadaan berbahaya, seperti serangan jantung, penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Anda tentu tak ingin berakhir pada keadaan tersebut, bukan? Berikut beberapa upaya yang bisa Anda lakukan:

1. Hindari lemak dan minyak

Untuk dapat terbebas dari belenggu hasil tes kolesterol yang naik turun, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghindari sumber kolesterol itu sendiri. Daging berlemak, jeroan, butter, mentega, dan sejenisnya sebaiknya dikurangi atau dihindari sama sekali.

Selain itu, Anda juga sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak seperti gorengan. Anda tahu bahwa makanan yang sebenarnya sehat bisa berbalik menjadi jahat bila diolah dengan cara digoreng, bukan?

2. Perbanyak asupan sehat

Untuk melawan kolesterol jahat (LDL), Anda perlu pasokan kolesterol baik (HDL). Kolesterol baik bisa Anda temukan pada ikan laut, seperti salmon, tuna, makerel, atau kembung. Selain itu, Anda juga bisa menemukan kolesterol baik pada alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

Nilai kolesterol yang naik turun tidak boleh dibiarkan terjadi berkelanjutan. Ingat, berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke berawal dari kadar kolesterol yang berantakan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close