Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hasil Tes PCR Tak Perlu Jadi Syarat Penerbangan, Begini Penjelasan Epidemiolog

Rabu, 27 Oktober 2021 – 18:00 WIB
Hasil Tes PCR Tak Perlu Jadi Syarat Penerbangan, Begini Penjelasan Epidemiolog - JPNN.COM
Penyediaan tes PCR di Bandara Soekarno-Hatta. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Epidemiolog Griffith University Australia Dicky Budiman membeberkan alasan polymerase chain reaction test atau tes PCR tidak perlu menjadi syarat penerbangan bagi penumpang pesawat.

Dicky menjelaskan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah merekomendasikan penggunaan rapid test antigen sejak September 2020 lalu.

Sebab, penelitian di Irlandia menunjukkan rapid test antigen memiliki tingkat sensitivitas mencapai 97 persen.

Selain itu, rapid test Antigen juga memiliki keunggulan lain untuk digunakan masyarakat dibanding tes PCR.

“Ini (Antigen, red) bisa dipakai jadi strategi publik karena dia cost effective. Harganya jauh relatif lebih murah, lebih mudah, lebih cepat juga,” kata Dicky kepada JPNN.com, Rabu (27/10).

Dengan pemeriksaan yang lebih cepat menggunakan rapid test Antigen, tindak lanjut bagi pasien yang terkonfirmasi terpapar Covid-19 juga bisa lebih cepat.

“Jadi, kalau memang mau melakukan intervensi public health, misalnya di moda transportasi, pemerintah harus mencari yang cepat, murah, efektif yaitu rapid test. Kalau PCR itu tidak cost effective,” papar Dicky.

Menurut dia, pemerintah perlu memerhatikan kemampuan publik dalam membayar tes seperti harga tes yang berlaku di Amerika Serikat.

Epidemiolog Griffith University Australia Dicky Budiman membeberkan alasan tes PCR tidak perlu menjadi syarat penerbangan bagi penumpang pesawat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close