Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hasto Berbicara Institusionalisasi Parpol dan Party Id, Burhanuddin Sodorkan Ide Mixed Proportional System

Seminar Nasional “Pelembagaan Partai dan Kepemimpinan Strategis Nasional” di Bandung

Kamis, 26 Januari 2023 – 14:36 WIB
Hasto Berbicara Institusionalisasi Parpol dan Party Id, Burhanuddin Sodorkan Ide Mixed Proportional System - JPNN.COM
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (paling kiri) mengapresiasi hasil riset yang menemukan PDIP menjadi yang tertinggi dalam party id atau identifikasi masyarakat terhadap parpol, dan dipersepsikan paling positif di dalam melakukan pelembagaan partai. Foto: Source for JPNN.com.

jpnn.com - BANDUNG - Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan partai politik, termasuk PDIP, memiliki tantangan berat dalam membangun kepercayaan masyarakat.

Hasto yang juga mahasiswa program doktoral Universitas Indonesia (UI) menambahkan upaya perubahan partai politik (parpol) harus disertai perubahan sistem pemilihan.

Hasto mengatakan pihaknya mengapresiasi hasil riset yang menemukan PDIP menjadi yang tertinggi dalam party id atau identifikasi masyarakat terhadap parpol, dan dipersepsikan paling positif di dalam melakukan pelembagaan partai.

Masalahnya, walau tertinggi, secara total angka party id seluruh partai politik sangat rendah, yakni hanya 6,8 persen.

“Ini tolok ukurnya kepuasannya sangat rendah. Ya di satu sisi ini tantangan buat parpol untuk membangun trust, dan di sisi lain ini salah satu sebabnya liberalisasi politik, dan juga sistem proporsional terbuka yang menyebabkan party id tereduksi oleh elektoral individual-individual yang seringkali tidak membawa platform dan ideologi parpol. Maka sikap PDI Perjuangan mendorong untuk proporsional tertutup,” kata Hasto.

Dengan sistem proporsional tertutup, maka untuk menjadi pemimpin legislatif harus melalui persiapan, tidak bisa hanya berbasis elektoral dan popularitas.

Seorang yang populer harus memahami bagaimana fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan di DPR.

Dia menambahkan partai punya tanggung jawab terhadap kepentingan bangsa dan negara.

Hasto berbicara institusionalisasi parpol dan party id dalam seminar nasional ‘Pelembagaan Partai dan Kepemimpinan Strategis Nasional’ di Bandung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close