Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hasto Beri Isyarat PDIP Mengumumkan Capres pada Momentum Bulan Bung Karno

Selasa, 11 Oktober 2022 – 07:01 WIB
Hasto Beri Isyarat PDIP Mengumumkan Capres pada Momentum Bulan Bung Karno - JPNN.COM
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: Dokumen PDIP.

jpnn.com - YOGYAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Hasto Kristiyanto memperkirakan partainya akan mengumumkan calon presiden (capres) yang akan diusung di Pilpres 2024 pada Juni 2023 nanti, atau bertepatan dengan Bulan Bung Karno. 

Hasto menjelaskan bahwa Joko Widodo atau Jokowi dulu diumumkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai capres pada Maret 2014, dan pemilunya waktu itu Juni. 

“Kalau menggunakan analogi itu, kira-kira Juni tahun depan (2023) pas Bulan Bung Karno,” kata Hasto saat menjadi pembicara diskusi Election Corner bertema "Mengembalikan Kembali Politik Programatik di Pemilu 2024" di Fisipol UGM Yogyakarta, di Sleman, Senin (10/10). 

Menurut dia, soal pengumuman capres, PDIP memiliki pengalaman menghadapi pemilu yang berulang kali sesuai dengan tahapan yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

“Tahapan pemilu masih Oktober tahun depan, (soal) pencalonan presiden, kami terus berdialektika," ungkapnya.

Demikian pula saat mengumumkan cawapres pendamping Jokowi pada Pemilu 2019, lanjut Hasto, tidak bisa lepas dari dinamika politik yang berkembang saat itu.

"Kiai Ma'ruf itu diputuskan (cawapres) Minggu jam empat sore, pendaftarannya (di KPU) hari Senin. Itu Kiai Ma'ruf karena dinamika politik, itu riil politik, di dalam praktik itu seperti itu," katanya.

Lebih lanjut Hasto menuturkan saat ini PDIP tengah menyiapkan sosok Capres 2024 yang berani mengambil keputusan, mampu membawa Indonesia memimpin bangsa-bangsa di dunia, dan memiliki rekam jejak kuat.

Hasto Kristiyanto memperkirakan PDIP akan mengumumkan capres pada Juni 2023 bertepatan dengan Bulan Bung Karno.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close