Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hati-Hati! Ada Badan Amal Palsu Galang Donasi untuk Turki, Begini Ciri-Cirinya

Selasa, 14 Februari 2023 – 12:16 WIB
Hati-Hati! Ada Badan Amal Palsu Galang Donasi untuk Turki, Begini Ciri-Cirinya - JPNN.COM
Salah satu akun Twitter yang menjalankan operasi penipuan dengan kedok sebagai badan amal yang menggalang donasi kemanusiaan untuk korban gempa Turki. Kini akun penipu tersebut telah ditutup oleh pihak Twitter. Foto: Twitter

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah penipu sontoloyo memanfaatkan penderitaan korban gempa Turki untuk mempertebal kantong mereka sendiri.

Para scammer itu mengklaim mengumpulkan uang untuk para penyintas yang kini hidup dalam kondisi mengenaskan di kamp-kamp pengungsian.

Namun, alih-alih membantu mereka yang membutuhkan, para penipu justru menyedot donasi masyarakat dan memasukkannya ke akun PayPal atau dompet kripto mereka.

BBC telah mengidentifikasi beberapa metode utama yang digunakan oleh penipu.

Di TikTok Live, kreator konten dapat menghasilkan uang dengan menerima hadiah digital. Nah, mekanisme tersebut kini dimanfaatkan scammers untuk meraup keuntungan dari netizen berjiwa sosial tinggi.

Akun TikTok dengan konten foto kehancuran serta rekaman video dan siaran TV yang menunjukkan upaya penyelamatan mulai bermunculan beberapa hari setelah gempa mengguncang Turki dan Suriah.

Seruan seperti "Ayo bantu Turki", "Berdoa untuk Turki", dan "Berdonasi untuk korban gempa" melengkapi konten mereka.

Satu akun, yang tayang selama lebih dari tiga jam, menunjukkan gambar udara berpiksel dari bangunan yang hancur, disertai dengan efek suara ledakan.

Alih-alih membantu korban gempa Turki, badan amal palsu justru menyedot dana masyarakat lalu memasukkannya ke akun PayPal atau dompet kripto mereka.

Sumber BBC

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close