Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hati-hati, Banyak Bus Tak Layak Jalan

Sabtu, 21 Desember 2019 – 15:24 WIB
Hati-hati, Banyak Bus Tak Layak Jalan - JPNN.COM
Petugas gabungan memeriksa kelayakan kendaraan yang melintas di Jalan Raya Cianjur-Sukabumi. Foto: Fadilah Munajat/Radar Cianjur

jpnn.com, CIANJUR - Sejumlah kendaraan berukuran besar yang melintas di Jalur Cianjur-Sukabumi, Jawa Barat, kedapatan tidak layak jalan. Hal itu diketahui dari hasil ramp chek atau inspeksi keselamatan yang digelar Satlantas Polres Cianjur, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Cianjur, Jumat (20/12).

Satu per satu kendaraan bertonase besar, baik bus maupun truk tak luput dari adangan petugas gabungan.

Petugas pun memeriksa seluruh bagian kendaraan. Mulai dari lampu, rem, kondisi ban, klakson, wiper sampai dokumen kendaraan dan uji KIR kendaraan.

Selain itu, petugas juga memeriksa kelengkapan surat kendaraan serta surat izin mengemudi (SIM) sopir. Tak cukup, para awak kendaraan besar itu juga diharuskan menjalani tes urine oleh BNNK serta pengecekan kondisi kesehatan.

Kasat Lantas Polres Cianjur AKP Ricky Adi Pratama mengatakan, ramp check dilakukan sebagai pintu gerbang dilaksanakannya Operasi Lilin Lodaya 2019 di Kabupaten Cianjur.

“Jadi, sasarannya ke orang (pengemudi dan awak kendaraan), kendaraan maupun muatannya (barang),” katanya.

Selain itu, hal ini dilakukan sekaligus untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Terlebih beberapa hari sebelumnya, terjadi kecelakaan yang mengakibatkan tiga penghuni ruko meninggal dunia.

Dalam kasus tersebut, kendaraan truk tronton bermuatan pasir diduga mengalami masalah mesin dan rem sehingga mengakibatkan truk tak kuat menanjang dan mati mesin sehingga mundur sampai menghantam sebuah ruko.

Hasil ramp chek atau inspeksi keselamatan yang digelar petugas gabungan, ditemukan banyak bus dan truk yang tidak layak jalan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close