Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Masih Temukan Bus Tak Layak Jalan

Rabu, 12 Desember 2018 – 14:02 WIB
Masih Temukan Bus Tak Layak Jalan - JPNN.COM
Dishub saat melakukan pemeriksaan kelayakan bus. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya semakin mengintensifkan pemeriksaan transportasi umum menjelang datangnya musim liburan natal dan tahun baru. Misalnya, uji kelaikan kendaraan (ramp check) dan uji emisi. Pemeriksaan diintensifkan di Terminal Purabaya.

Puluhan petugas dikerahkan dalam kegiatan itu. Mereka dipecah menjadi dua bagian. Uji emisi dilangsungkan di terminal kedatangan. Ramp check dikhususkan untuk bus-bus yang akan berangkat ke berbagai kota tujuan.

Pada uji emisi, setiap bus dipasangi alat pengukur di bagian knalpotnya. Alat itu digunakan untuk melihat kondisi asap gas buang bus. Sebab, polusi atau tidaknya bus berpengaruh pada kelaikan bus di jalan. ''Kendaraan yang polusinya sangat mengganggu arus lalu lintas menyalahi Keputusan Menteri (Kepmen) Lingkungan Hidup (LH) No 5 Tahun 2006,'' ujar Kabid Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) Dishub Surabaya Tundjung Iswandaru.

Dia menambahkan, ambang batas emisi gas buang pada kendaraan maksimal 70 persen. Untuk kendaraan yang didapati melebihi ambang batas, petugas akan memperingatkan sopir dan pemilik bus. ''Akan kami beri kesempatan untuk memperbaiki. Uji selanjutnya harus di bawah ambang batas,'' tambahnya.

Jika ditemukan pelanggaran administrasi dan teknis, sanksi berupa tilang dan dilarang beroperasi sudah menanti para pelanggar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close