Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Haul Akbar KH A Muafi A Zaini Dihadiri Puluhan Ribu Masyarakat

Rabu, 03 Juli 2024 – 17:54 WIB
Haul Akbar KH A Muafi A Zaini Dihadiri Puluhan Ribu Masyarakat - JPNN.COM
Haul Akbar ke-19 KH A Muafi A Zaini di Sampang, Rabu (3/7). Foto: supplied

jpnn.com, SAMPANG - Haul Akbar ke-19 KH A Muafi A Zaini di Sampang dihadiri puluhan ribu masyarakat dari pulau Madura maupun luar daerah, Rabu (3/7).

Kegiatan yang diisi dengan istigasah itu juga dihadiri keluarga besar serta Pengasuh ke-10 PP Nazhatut Thullab KH Muhammad bin Muafi, dan ratusan kiai dan habaib se-Madura.

Istigasah memperingati haul akbar pengasuh Ke-9 PP Nazhatut Thullab Prajjan itu digelar oleh Ikatan Alumni Pondok Pesantren Nazhatut Thullab (IKAPPNAZ).

Dalam kegiatan itu tampak pula sejumlah ulama dan tokoh, antara lain KH Tamim Romli Jombang, KH Mahrus Abd. Malik Jrangoan, KH Holil Muhammad Pamekasan, KH Muhlis Alawi, Ketua Tanfidziyah PCNU Sampang KH Itqon Busiri, Ketua PC Ansor Sampang KH Amin Syafiq, KH Ainur Rofik Mansur Sampang, KH Yahya Hamiduddin, dan RK. Bakir Hasan.

Sementara Kapolda Jatim diwakili oleh Kapolrestabes Surabaya Kombes Pasma Royce dan didampingi jajaran pimpinan POlres Sampang, lalu ada Pj Bupati Sampang Rudi Arifiyanto, mantan Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Ketua Paguyuban Klebun Pantura bersatu HM Hakiki Sahid.

Haul tersebut merupakan agenda tahunan untuk mengenang wafatnya KH A Muafi A Zaini yang juga pengasuh ke-9 Pondok Pesantren (PP) Nazhatut Thullab Prajjan Camplong, Sampang.

Rangkaian kegiatan haul tersebut diawali dengan istigasah yang dipimpin  KH Holil Muhammad, dilanjutkan pembacaan yasin dan tahlil. Kemudian diisi pula dengan tausiyah yang disampaikan oleh KH Mamak -sapaan akrab KH Muhammad bin Muafi yang juga putra Almarhum KH A Muafi A Zaini.

Pada kesempatan itu Kiai Mamak menyampaikan bahwa haul tersebut bukan acara pribadi.

Haul Akbar ke-19 KH A Muafi A Zaini di Sampang, Madura dihadiri puluhan ribu masyarakat dari pulau Madura maupun luar daerah, Rabu (3/7).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close