Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hebat, Ridwan Kamil Dianugerahi Gelar Doktor Honoris Causa dari University of Glasgow

Rabu, 12 Juni 2024 – 20:01 WIB
Hebat, Ridwan Kamil Dianugerahi Gelar Doktor Honoris Causa dari University of Glasgow - JPNN.COM
Ridwan Kamil saat mendapat gelar doktor honoris causa dari University of Glasgow. Foto: dok Instagram RK

jpnn.com, GLASGOW - Kiprah Ridwan Kamil (RK) sebagai salah satu tokoh bangsa kembali mendapat apresiasi dunia internasional.

Kali ini, Gubernur Jawa Barat periode 2018 - 2023 itu mendapat gelar doktor honoris causa dari University of Glasgow.

Gelar tersebut diberikan oleh salah satu universitas terbaik dunia itu atas kepemimpinan dan inovasi pembangunan yang dimotori oleh Ridwan Kamil termasuk di antaranya ketika dia menjabat sebagai wali kota Bandung dan gubernur Jawa Barat.

Melalui pernyataan yang disampaikan dalam sidang senat pemberian gelar doktor honoris causa kepada RK, University of Glasgow menyampaikan bahwa pria yang akrab dipanggil Kang Emil itu merupakan sosok multitalenta.

Mereka menyebut RK sebagai arsitek yang visioner, pemimpin yang penyayang dan penuh belas kasih, serta pribadi yang tidak pernah lelah berjuang demi kemajuan masyarakat.

”Perjalanannya dimulai di Kota Bandung,” ungkap Senior Vice Principal and Deputy Vice Chancellor University of Glasgow Professor Frank Coton.

Setelah lulus dari Institut Teknologi Bandung (ITB) RK memulai perjalanan sebagai arsitek dengan magang di salah satu firma arsitektur terkemuka di Amerika Serikat.

Suami Atalia Praratya itu kemudian melanjutkan studi di University of California dan mendapat gelar master of urban design.

Ridwan Kamil Dia makin dikenal sebagai ’Arsitek Rakyat’ atas proyek sosial probono yang menciptakan ruang-ruang publik di kawasan pemukiman padat penduduk.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close