Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Herman Herry Mengingatkan Pentingnya Mengedepankan Diversi terhadap Anak Berhadapan Hukum

Jumat, 23 Juli 2021 – 22:21 WIB
Herman Herry Mengingatkan Pentingnya Mengedepankan Diversi terhadap Anak Berhadapan Hukum - JPNN.COM
Ketua Komisi III DPR Herman Herry. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi III DPR Herman Herry berharap aparat penegak hukum sebisa mungkin mengedepankan upaya diversi alias penyelesaian di luar jalur pengadilan terhadap anak yang berhadapan dengan hukum.

Dalam semangat Hari Anak Nasional 2021 yang jatuh pada hari ini, Herman berharap aparat penegak hukum menegakkan kembali komitmennya terkait perlindungan terhadap anak yang berhadapan dengan hukum.

"Segala proses yang ditempuh harus mengedepankan kepentingan terbaik anak, termasuk salah satunya dengan mengedepankan upaya diversi alias penyelesaian di luar jalur peradilan pidana konvensional dengan tetap mematuhi koridor peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Herman dalam keterangan kepada wartawan, Jumat (23/7).

Herman Herry juga berharap anak-anak yang berhadapan dengan hukum dihindarkan dari festivalisasi di media, demi melindungi kepentingan terbaik sang anak.

"Selain itu, salah satu hal lain yang juga penting dan tak boleh dilupakan adalah sebisa mungkin melindungi identitas anak yang berhadapan dengan hukum, baik pelaku, korban, hingga saksi. Jangan biarkan mereka hanyut dalam pusaran festivalisasi di media massa," ucapnya.

Herman juga meminta aparat penegak hukum tidak melulu memakai kacamata penyelesaian secara hukum pidana saat menangani perkara yang melibatkan anak.

Politikus PDI Perjuangan itu memahami bahwa memang diversi tidak bisa diterapkan pada semua perkara.

Namun, ujar dia, saat diversi memungkinkan untuk dilakukan, sebaiknya aparat penegak hukum tak lagi melulu memakai kacamata penyelesaian pidana, tetapi betul-betul mengedepankan kebaikan bagi sang anak.

Dalam semangat Hari Anak Nasional 2021 yang jatuh pada hari ini, Herman Herry berharap aparat penegak hukum menegakkan kembali komitmennya terkait perlindungan terhadap anak yang berhadapan dengan hukum.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close