Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Heru Budi akan Mengembangkan Kepulauan Seribu jadi Food Estate DKI Jakarta

Rabu, 20 Maret 2024 – 12:30 WIB
Heru Budi akan Mengembangkan Kepulauan Seribu jadi Food Estate DKI Jakarta - JPNN.COM
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Foto/Arsip: Ryana Aryadita Umasugi/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono akan mengembangkan Kepulauan Seribu menjadi lumbung pangan atau food estate untuk ketahanan pangan bagi DKI Jakarta pada 2025.

Heru mengatakan Kepulauan Seribu merupakan wilayah perairan yang kaya akan hasil laut, seperti ikan, rumput laut, ganggang, dan sebagainya. 

"Kami melihat kebutuhan bahan pokok semakin berkurang di dunia. Maka pada 2025 dan seterusnya memang harus dipikirkan Kepulauan Seribu menjadi lumbung pangan bagi masyarakat DKI Jakarta,” ujar Heru dalam keterangannya, Selasa (19/3). 

Heru menyampaikan itu saat membuka pelaksanaan Musyarawah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2024 Kabupaten Kepulauan Seribu yang digelar di Gedung Prama Primer Sunter, Jakarta Utara. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2025.

Kepala Sekretariat Presiden itu menuturkan perlu dilakukan sinergi bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk menjaga dan mengembangkan Kepulauan Seribu menjadi kawasan yang lebih bersih dan tertata.

“Pemprov DKI Jakarta akan terus berupaya meningkatkan sinergi dan menyelesaikan berbagai tantangan tersebut melalui Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ),” kata dia.

Heru menjelaskan terdapat empat isu yang dituangkan dalam RKPD 2025 untuk mewujudkan Jakarta Global, yakni peningkatan kualitas lingkungan dan infrastruktur, akselerasi pertumbuhan ekonomi, tata kelola pemerintah yang adaptif, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Tentunya harapan saya, bupati dan jajarannya, bersama tokoh masyarakat dan seluruh pengusaha yang bergerak di lingkungan pariwisata Kepulauan Seribu, dapat mendukung hal ini untuk mewujudkan masyarakat Kepulauan Seribu yang sejahtera,” jelasnya. (mcr4/jpnn)

Heru Budi Hartono mengatakan akan mengembangkan Kepulauan Seribu untuk menjadi lumbung pangan atau food estate

Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close