Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Heti Sebut Guru Honorer di Sekolah Negeri Makin Terjepit

Senin, 27 Desember 2021 – 12:36 WIB
Heti Sebut Guru Honorer di Sekolah Negeri Makin Terjepit - JPNN.COM
Ketum FGHNLPSI Heti Kustrianingsih mendesak ada optimalisasi di tes PPPK guru tahap 3. Foto dokumentasi pribadi for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ancaman pemutusan hubungan kerja atau PHK guru honorer di sekolah negeri di depan mata. Dari laporan pengurus forum-forum guru honorer, terungkap sejumlah daerah sudah mulai memberikan sinyal akan ada PHK.

Sinyalemen itu berupa imbauan kepala sekolah agar guru honorer yang tidak lulus PPPK tahap 1 dan 2 siap-siap saja mencari tempat mengajar yang baru.

Ketum Forum Guru Honorer Negeri Lulus Passing Grade Seluruh Indonesia (FGHNLPSI) Heti Kustrianingsih mengungkapkan pihaknya bersama forum honorer lainnya tengah mendata sekolah-sekolah yang ancar-ancar memberhentikan guru honorernya karena alasan akan masuknya PPPK guru.

"Kami masih mendata karena posisi guru honorer di sekolah negeri makin terjepit," kata Heti kepada JPNN.com, Senin (27/12).

Rerata pengaduan yang masuk ke forum, menurut Heti soal keberadaan guru bersertifikat pendidik (berserdik) yang lulus formasi PPPK tahap 2. Mereka sebagian besar guru swasta.

Masuknya PPPK guru dari sekolah luar ini membuat guru induk tidak mendapatkan jam mengajar alias nol jam.

Kalau sudah begitu, lanjutnya, guru honorer negeri ini tersingkir dengan sendirinya.

"Ini penghinaan terhadap guru. Pengabdian guru honorer bertahun-tahun dibalas  penyingkiran guru negeri induk," ucapnya.

Ketum FGHNLPSI Heti Kustrianingsih mendesak ada optimalisasi di tes PPPK guru tahap 3 karena guru honorer di sekolah negeri makin terjepit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close