Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hidup Berdamai dengan COVID-19, Sistem Imun Harus Kuat

Sabtu, 16 Mei 2020 – 10:17 WIB
Hidup Berdamai dengan COVID-19, Sistem Imun Harus Kuat - JPNN.COM
Prof DR dr Subijanto Marto Sudarmo SpA (K). Foto angkapan layar: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Prof DR dr Subijanto Marto Sudarmo SpA (K) mengatakan, di masa pandemi Covid-19, masyarakat harus meningkatkan imunitasnya agar tidak mudah diserang virus.

Caranya dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

"Sampai saat ini obat Covid-19 belum ditemukan, semuanya masih dalam penelitian. Makanya yang bisa dilakukan masyarakat untuk menangkal Corona dengan meningkatkan imunitas tubuh. Baik lewat olah raga, jangan stres, hindari makanan kolesterol, banyak istirahat. Kalau bisa juga rutin mengonsumsi probiotik dan prebiotik," kata Prof Subi, sapaan akrab Dokter Subijanto dalam Konferensi Pers daring “Membangun dan Memelihara Sistem Imun Tubuh dengan Probiotik untuk Melawan Virus dan Patogen lain”, Jumat (15/5).

Dia mengungkapkan, imun kita sumbernya di usus. Usus manusia mengandung 100 triliun microbiome.

Microbiome adalah segerombolan mikroorganisme hidup yang sebagian besar merupakan bakteri.

"Bakteri yang baik di dalam usus 85 persen, 15 persen tidak baik. Bakteri baik ini harus dijaga biar imun kita meningkat. Jangan sering-sering mengonsumsi antibiotik karena bisa membunuh bakteri baik," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, keberadaan mikroba baik di dalam usus memiliki pengaruh terhadap kesehatan secara keseluruhan. Khususnya, sistem imun.

Sebab, 80 persen kekebalan tubuh manusia bergantung keberadaan kuman tersebut.

Salah satu cara hidup berdamai dengan virus termasuk Covid-19 dan semua patogen adalah dengan membangun pertahanan dari dalam tubuh yaitu sistem imun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close