Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hindari 5 Makanan Ini untuk Menurunkan Tekanan Darah

Jumat, 24 Januari 2020 – 17:27 WIB
Hindari 5 Makanan Ini untuk Menurunkan Tekanan Darah - JPNN.COM
Tekanan darah tinggi. Foto: Pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Sebuah studi baru memperluas bukti bahwa diet Dash bisa membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Para peneliti menemukan bahwa diet ini membantu orang dewasa di bawah usia 75 tahun menghindari gagal jantung.

Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Preventive Medicine ini menganalisis data dari lebih dari 4.500 orang. Para peneliti mengikuti partisipan selama lebih dari 13 tahun untuk melihat bagaimana diet Dash, atau Dietary Approaches to Stop Hypertension, membuat perubahan pada tekanan darah mereka.

Rencana makan berfokus pada buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, unggas, ikan, dan produk susu rendah lemak. Studi tersebut menyatakan bahwa ada makanan tertentu yang harus dikeluarkan orang dari makanan sehari-hari mereka untuk menjaga tekanan darah yang tepat.

Para peneliti mengatakan garam, daging merah dan makanan serta minuman yang dimaniskan dengan gula bisa merusak efek diet Dash. Diet ini juga merekomendasikan pengurangan asupan krim penuh dan minuman beralkohol, MarketWatch melaporkan.

Sodium adalah salah satu bahan yang paling banyak dikonsumsi dalam daftar. Orang harus melihat nilai gizi atau bahan makanan mereka saat makan di luar rumah. Kelebihan natrium bisa meningkatkan tekanan darah dan risiko Anda terkena penyakit jantung dan stroke," menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Tekanan darah, penyakit jantung dan stroke membunuh lebih banyak orang Amerika setiap tahun daripada penyebab lainnya. Makanan lain yang sering dikonsumsi yang dikaitkan dengan stroke adalah minuman yang dimaniskan secara artifisial.

Sebuah studi pada tahun 2015 menunjukkan bahwa wanita yang lebih tua yang mengonsumsi dua atau lebih soda diet per hari memiliki risiko 30 persen lebih tinggi mengalami masalah kardiovaskular.

Dalam studi terbaru, para peneliti menemukan bahwa manfaat kesehatan dari diet Dash juga bisa meningkatkan kesehatan jantung. Orang yang menghindari makanan yang berpotensi berbahaya tersebut lebih kecil kemungkinannya menderita gagal jantung dan hipertensi pada saat yang bersamaan.

Sebuah studi baru memperluas bukti bahwa diet Dash bisa membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close